Sukses

Mau Belanja Gadget secara Online? Baca Dulu Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online di era digital sekarang, sudah menjadi salah satu solusi dan bahkan dapat dikatakan menjadi hobi. Hampir semua kategori produk sekarang dipasarkan melalui media online, termasuk peralatan elektronik dan gadget.

Hampir semua marketplace online menayangkan gadget sebagai salah satu andalan jualan mereka karena peminatnya yang juga besar.

Namun, masalah jaminan keamanan seringkali masih menjadi kendala utama dalam berbelanja online. Terutama jika harga barang yang dibeli mencapai kisaran jutaan rupiah seperti gadget. Tak jarang, calon konsumen akan merasa khawatir atau takut ditipu.

Untuk mengatasi hal tersebut, dan jika Anda memang berencana membeli gadget secara online dalam waktu dekat ini, ada baiknya Anda memahami tujuh tips dari Danaxtra berikut ini terlebih dahulu:

1. Tentukan Gadget yang Ingin Dibeli

Saat belanja online, biasanya Anda akan berhadapan dengan begitu banyak pilihan gadget yang menggiurkan dengan berbagai varian harga.

Sebaiknya, berhati-hatilah dengan emosi Anda. Jangan sampai paparan aneka gadget tersebut menstimulasi Anda sehingga membeli barang yang tidak dibutuhkan. Artinya, fitur-fitur gadget yang Anda pilih ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan. Tentu ini akan menjadi sebuah pemborosan tersendiri.

Karena itu, sebelum masuk ke dalam situs tersebut, tentukan terlebih dahulu spek dan jenis gadget yang Anda butuhkan. Jika Anda suka melakukan streaming siaran tertentu melalui ponsel, maka cari ponsel dengan ukuran layar yang lebih besar. Jika Anda penggemar game, maka pilihlah ponsel dengan RAM yang besar.

 

1 dari 4 halaman

Ketahui Kisaran Harga Pasar

Setelah memastikan produk yang Anda butuhkan, cari referensi di internet seputar merek, spesifikasi, hingga kisaran harga yang cocok dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Kemudian, bandingkan harga antara satu merek dengan merek lainnya, antara berbagai produk dengan spek yang sama, agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik. Lalu, bandingkan juga harga antara satu produk dengan produk lainnya agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik.

Dengan mengetahui kisaran harga pasar, Anda dapat mengantisipasi segala bentuk penipuan kredit handphone dan tidak mudah tergoda dengan harga murah yang jauh di bawah harga pasar. Ada harga, ada rupa.

3. Pilih Toko Online Terpercaya

Banyaknya olshop atau marketplace online yang tersedia, tentu membentuk kebiasaan dalam berbelanja yang menyenangkan.

Namun di sisi lain, menjamurnya saluran pemasaran alternatif ini justru membuat konsumen bingung. Belum lagi beragam promo yang menggiurkan, hingga berbagai cara pembayaran yang meringankan. Jika Anda sudah punya langganan olshop yang tidak pernah mengecewakan, serta baik pelayanannya, ada baiknya tidak usah coba-coba berpindah hati.

Namun, jika baru pertama kalinya belanja online, atau Anda memang senang berkelana dari satu olshop ke olshop lainnya, maka ada baiknya pastikan pilih olshop terpercaya.

Bagaimana menilai kredibilitas sebuah olshop? Cobalah browsing testimoni pelanggan olshop itu di media sosial. Selain itu, pastikan alamat kantornya jelas. Coba telepon apakah tim customer service-nya bisa dihubungi atau tidak.

Dan jangan lupa periksa sertifikasi keamanan situs. Situs dengan url awalan HTTPS memiliki jaminan keamanan yang baik dalam melindungi transaksi dan data konsumen.

Jika Anda lebih memilih berbelanja melalui aplikasi dari toko online tersebut, pastikan bahwa Anda mengunduhnya dengan benar dari Google Play Store atau App Store.

2 dari 4 halaman

Pelajari Reputasi Penjual dan Deskripsi Barang dengan Cermat

Saat mencari jenis gadget yang Anda inginkan di situs toko online, pastinya produk tersebut akan muncul dengan berbagai penawaran harga dari banyak penjual. Kisaran harga yang mereka tawarkan juga pastinya berbeda-beda.

Sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya, Anda perlu mempelajari reputasi penjualnya. Coba periksa testimoni pelanggan yang sudah membeli produknya, rating penjual, bagaimana ia menanggapi dan membalas pesan. Anda juga bisa coba untuk berinteraksi langsung melalui aplikasi chat.

Saat membaca deskripsi produk yang ingin Anda beli, bacalah deskripsi produk secara cermat. Terutama terkait spesifikasi dan kelengkapan produk. Pastikan pula harganya sesuai dengan kantong Anda.

 

5. Pelajari Garansi

Cari kepastian dari penjualnya, adakah garansi resmi dari mereknya. Cari tahu juga ke mana Anda harus mengklaim garansi tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Program Promosi yang Ditawarkan Toko Online

Berbagai promosi tiap hari berseliweran di toko online demi menarik minat calon konsumen. Mulai dari diskon, cashback, buy 1 get 1, hingga promo kredit online tanpa kartu kredit dengan skema cicilan beragam.

Ada baiknya Anda memanfaatkan promo itu untuk menghemat bujet. Namun, pastikan bahwa program itu merupakan promosi resmi dari toko online tersebut. Jangan mudah baper dengan diskon besar tanpa informasi yang jelas, ya!

 

7. Cara Bayar dan Cara Kirim Bisa Dipercaya

Tahapan terakhir dari belanja online adalah memilih metode pembayaran sekaligus pengiriman. Cara pembayaran olshop sekarang sangat beragam. Yang paling umum adalah bayar tunai melalui transfer ATM, atau cicilan kartu kredit. Anda bahkan bisa membayarnya melalui jaringan minimarket, hingga cicilan tanpa kartu kredit.

Jadi, Apa Anda sudah siap untuk berburu gadget secara online? Jangan lupa untuk menerapkan tips-tips di atas ya! Semoga membantu.

Artikel Selanjutnya
Tips Wisata Kuliner Saat Liburan Biar Kantong Tak Jebol
Artikel Selanjutnya
Mau Nikah di 2018? Ini 4 Jurus Siapkan Dana Pernikahan