Sukses

Meraup Untung dari Bisnis Travel, Ini Kiatnya!

Jika Anda suka jalan-jalan, mengapa tidak mencoba bisnis travel untuk mengembangkan hobi dan meraup untung?

Liputan6.com, Jakarta - Buat Anda yang hobi traveling, bisnis travel bisa jadi peluang menarik. Pasalnya, usaha penyedia jasa biro perjalanan atau bisnis travel saat ini menjanjikan peluang usaha yang menarik untuk dijalankan. Terlebih usaha ini terbilang cukup mudah dan bisa dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal atau gratis.

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menangkap peluang ini, terlebih jika jika kita tahu saat ini, banyak sekali orang-orang menggunakan jasa tour and travel, mulai dari perjalanan domestik atau bahkan mancanegara.

Banyak orang yang masih belum memahami bagaimana cara membangun usaha tour and travel ini, terlebih bagi para pemula yang belum mengetahui tentang dunia perjalanan apalagi bisnis travel ini.

Nah, buat Anda yang mau menjalankan bisnis travel dan meraup untung besar, yuk ikuti strategi dan cara dari HaloMoney.co.id berikut ini:

1. Cintai dunia traveling dan bisnisnya

Cara pertama yang harus Anda tahu agar bisnis travel berjalan baik adalah cintai dulu dunia traveling. Kenapa begitu? Pernah mendengar ungkapan “cintai pekerjaanmu dan Anda akan sukses”? Nah, ini juga berlaku buat Anda yang mau bisnis terutama bisnis travel.

Bisnis yang didasari pada kesukaan atau passion memang akan memiliki peluang lebih besar untuk sukses. Sebab dengan rasa cinta dan senang pada sebuah bidang, maka para pelakunya ini akan bersemangat untuk menjalankan usaha dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin.

Baca juga: Ini Dia Pinjaman dengan Syarat Gaji Rp 3 Juta Sebulan

2. Buatlah brand menarik dan meyakinkan

Sudah terpikirkan mau bikin brand bisnis travel Anda seperti apa? Ketika Anda ingin membuka bisnis travel online ini, pastikan Anda memiliki brand atau nama usaha yang baik. Brand atau nama usaha yang baik sendiri bisa dilihat dari kemudahan pelafalannya.

Semakin mudah nama bisnis Anda untuk diucapkan dan dihafal, maka semakin besar pula kesempatan Anda menarik banyak konsumen.

Jangan lupa juga untuk membuat nama yang menarik. Dengan gabungan nama yang mudah diucapkan dan dihafal serta nama yang menarik Anda akan semakin mampu mewujudkan kesuksesan usaha Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Penawaran menarik

Selain brand yang menarik, bisnis travel juga dipengaruhi penawaran yang menarik. Harga memang akan selalu menjadi acuan bagi para konsumen. Apalagi bisnis travel ini yang sudah banyak yang menjalankannya. Maka dari sini persaingan pun akan tercipta dan menjadi sengit.

Anda sebagai pelaku usaha travel online ini harus memiliki strategi khusus untuk menghadapi hal ini. Salah satu cara untuk bisa memenangkan persaingan ini adalah menawarkan harga yang menarik. Anda bisa memberikan harga promo pada momen tertentu atau potongan harga atau diskon dengan sebuah persyaratan dan ketentuan khusus.

Pemberian paket wisata dengan harga khusus juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mampu menarik konsumen.

4. Perluas jaringan dan relasi

Namanya bisnis, Anda sebagai pelakunya tidak bisa berdiam diri saja. Anda sebagai pengusaha memang diharuskan untuk memperluas jaringan dan relasi seluas mungkin. Semakin besar dan luas jaringan usaha Anda maka makin tinggi pula peluang Anda untuk meraih kesuksesan usaha.

Mengapa demikian? Karena kita sebagai pebisnis tidak akan bisa berdiri sendiri untuk meraih sukses. Selain membutuhkan para pekerja atau karyawan, mereka para pebisnis ini juga memerlukan pengusaha lain untuk bisa saling mendukung dan bekerjasama menumbuhkan bisnis.

3 dari 3 halaman

5. Promosi yang kuat dan strategis

Setelah perkuat relasi, hal penting lainnya adalah promosi. Untuk bisa menarik banyak konsumen, Anda memang mau tak mau harus melakukan promosi atau strategi pemasaran yang baik. Anda bisa menjalankan promosi ini secara offline dan online.

Secara offline Anda bisa menjalankan promosi ini dengan cara menyebar brosur, beriklan di media massa atau membuat pamflet. Namun karena saat ini dunia online juga memiliki pasar yang sangat besar, maka dengan teknik online, Anda juga bisa menjalankan promosi ini dengan efektif.

6. Perangkat hardware dan software yang baik

Di era digital ini, bisnis travel membutuh perlengkapan yang memadai. Salah satu komponen atau perlengkapan yang sangat penting untuk diperhatikan dalam bisnis ini adalah komponen hardware dan software. Hardware yang dimaksud di sini adalah komputer yang telah terkoneksi dengan internet serta beberapa pendukungnya.

Sedangkan software adalah program dan operating system yang  bisa menjalankan pemesanan tiket via online. Software ini juga merupakan program billing transaksi dan website yang berisi shop chart. Lalu dari mana mendapatkan software khusus penyediaan tiket ini.

Anda bisa mendapatkan software tersebut dari master agen tiket online setelah Anda menandatangani MOU yang akan dilakukan  melalui komputer yang dikirim pada server pusat untuk diproses. Jangan lupa juga untuk membeli atau menyediakan komputer yang spesifikasi dengan kinerja yang baik.

Jaringan internet yang disediakan juga harus Anda siapkan dengan koneksi yang paling baik. Komputer dan internet yang baik memang sangat penting untuk bisnis ini karena Anda bisa melayani konsumen dengan baik dan memuaskan.

Layani konsumen dengan baikHal penting dan utama lainnya untuk bisa menjadikan bisnis travel online ini sukses adalah dengan melayani konsumen dengan sebaik mungkin. Maka jika Anda memang ingin bisnis travel Anda mendapatkan respons yang baik dari publik, mau tak mau harus memaksimalkan pelayanan.

Pada bisnis travel online ini Anda bisa memberikan layanan customer service yang baik. Jangan sampai membuat konsumen menunggu terlalu lama saat mereka ingin mendapatkan jawaban dari permasalahan atau pertanyaan yang disampaikan.

Bila perlu Anda bisa menjadikan layanan customer service ini berjalan selama 24 jam agar konsumen semakin dipuaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.