Sukses

Mau Naik Pangkat atau Gaji? Tunjukkan ke Bos Langsung

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda berpikir untuk menghadap bos Anda dan langsung meminta kenaikan pangkat atau gaji, Anda mungkin harus berpikir dua kali. Sama seperti kebanyakan orang yang cenderung waspada saat didekati atau ditawarkan dengan berbagai bentuk promosi, atasan Anda mungkin bereaksi dengan cara yang sama jika Anda mengajukan permintaan Anda kepadanya secara tiba-tiba.

Untuk memaksimalkan peluang sukses Anda, selalu letakkan posisi sebagai atasan. Ingatlah bahwa kenaikan pangkat dan gaji mempengaruhi anggaran dan perencanaan keuangan perusahaan.

Keputusan semacam itu memerlukan persetujuan manajemen, oleh karena itu, teliti dan periksakan dengan hati-hati pada atasan Anda.

Dia harus memiliki pembenaran yang meyakinkan untuk mendukung kenaikan pangkat Anda.

Ini berarti usaha dan pekerjaan tambahan untuk atasan Anda. Dia harus benar-benar percaya pada potensi Anda untuk menandatangani permintaan Anda.

Tunjukkan, jangan cuma memberitahu.

Siapa pun bisa mengatakan mereka layak mendapat kenaikan pangkat. Anda bahkan dapat menjanjikan kesetiaan Anda yang teguh kepada perusahaan. Dengan sendirinya, kata-kata tidak berarti banyak.

Paling penting di sini adalah bagaimana menunjukkan kepada atasan bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan untuk naik level.

Dikutip dari JobStreet, Sabtu (4/11/2017), berikut ini lima tips yang bisa Anda gunakan untuk bisa memperoleh promosi kenaikan pangkat atau gaji:

1. Inisiatif

Jika Anda ingin dipercayakan tanggung jawab lebih, Anda perlu melangkah dan menunjukkan bahwa dapat mengatasinya. Jangan hanya duduk santai dan menunggu untuk diberi tahu apa yang harus dilakukan.

Bagikan gagasan dan saran Anda, dan sukarelalah untuk mengerjakan proyek dan tugas dengan skala yang lebih besar.

Jika Anda ingin dianggap lebih serius, pertama Anda perlu menunjukkan rasa keinginan yang kuat dan dorongan untuk sukses, belum lagi kemampuan untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan merangkul tantangan.

2. Kesadaran

Mengetahui bagaimana menggali sumber daya yang terbatas dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien akan selalu memberi nilai bonus dimata atasan Anda. Hanya karena sesuatu yang selalu dilakukan dengan cara tertentu tidak berarti Anda tidak bisa mengubah segalanya.

Jika Anda bisa menemukan ide dan solusi yang lebih baik yang mencapai hasil yang sama atau lebih baik sambil menghemat uang perusahaan, Anda berada di jalur yang benar!

Bos menyukai orang yang ahli memecahkan masalah, itu membuat hidup mereka jauh lebih mudah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Fleksibel

3. Fleksibilitas

Semakin Anda mudah beradaptasi dengan perubahan, semakin baik Anda menghadapi situasi yang menantang dan keadaan yang tidak terduga. Mampu menjaga ketenangan Anda dan menyelesaikan sesuatu di bawah tekanan membuat Anda menjadi anggota tim yang handal dan berharga.

4. Akuntabilitas

Untuk mempercayai Anda dengan lebih banyak tanggung jawab dan wewenang, atasan Anda perlu diyakinkan akan integritas profesional dan etika kerja Anda. Jika Anda membuat kesalahan, pastikan Anda memiliki dan menyajikan solusi daripada mengabaikan masalah, yang hanya akan membuat situasi semakin buruk.

5. Kesukaan

Ini mungkin terdengar sederhana, namun pada kenyataannya, jika atasan Anda tidak menyukai Anda, dia tidak akan mungkin melakukan sesuatu untuk Anda. Semakin menyenangkan Anda-tidak hanya oleh atasan Anda, tapi juga oleh rekan kerja dan atasan - semakin banyak masukan dan kontribusi Anda akan dihargai.

Tak perlu dikatakan bahwa selain hal di atas, Anda harus secara terbuka mengungkapkan ketertarikan Anda untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab dan bahkan menanyakan tentang proses dalam menaikkan pangkat karyawan, dan lain-lain.

Hal ini menghasilkan dua hal: bos Anda memikirkan kemungkinan menaikkan pangkat Anda, dan Anda mempelajari apa yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan sehingga Anda dapat memastikan untuk mencentang semua kotak.

Artikel Selanjutnya
4 Tips Jitu Mengelola Uang THR agar Tak Langsung Ludes
Artikel Selanjutnya
Sontek! 6 Tips Hemat ala Ibu Rumah Tangga di Bulan Ramadan