Sukses

Jokowi Bakal Bangun 10 Dermaga Kapal Pesiar dalam 2 Tahun

Presiden Jokowi menuturkan, Indonesia negara kepulauan tetapi tidak punya terminal cruise, yacht.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kementerian dan lembaga (K/L) terkait untuk membangun 10 dermaga kapal pesiar dalam dua tahun ke depan. Hal ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Jokowi mengungkapkan, Indonesia merupakan negara maritim dengan jumlah pulau mencapai 17 ribu. Namun Indonesia tidak memiliki dermaga yang layak untuk disinggahi oleh wisatawan yang menggunakan kapal pesiar.

"Kita ini negara kepulauan tapi kita enggak punya terminal cruise, yacht. Bagaimana kapal pesiar mau datang ke kita? Suruh parkir di mana? Di Ciliwung," ujar dia di Rakornas Kadin 2017, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Namun saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura beberapa waktu lalu, Jokowi meninjau langsung dermaga kapal pesiar yang dimiliki oleh Negeri Singa tersebut. Ternyata, dermaga yang dimiliki oleh Singapura tidak besar yang dibayangkan, namun terbukti mampu menarik banyak kapal pesiar untuk bersandar.

"Kemarin saya ke Singapura, coba saya mau lihat terminal cruise-nya kayak apa. Saya lihat, kayak gitu, satu tahun buat 10 juga bisa," kata dia.

Oleh sebab itu, Jokowi langsung memerintahkan para menterinya untuk segera membangun banyak dermaga untuk kapal pesiar. Bahkan dirinya menargetkan harus ada 10 dermaga yang terbangun dalam dua tahun mendatang.

"Kemarin di (sidang) paripurna saya sudah perintahkan, dalam dua tahun bangun 10. Setelah saya lihat Singapura kayak apa, terus penumpang masuk ke Singapura kayak apa, ditambah dikejar-kejar Ketua Kadin (untuk membangun dermaga). Saya kira cocok ini," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dermaga