Sukses

10.321 Rumah Tangga di Bandar Lampung Akan Nikmati Gas Bumi

PGN ditugaskan membangun jargas di Bandar Lampung sepanjang 204 kilometer (km) yang ditargetkan selesai pada akhir 2017.

Liputan6.com, Bandar Lampung Sebanyak 10.321 rumah tangga di Bandar Lampung akan menikmati gas bumi yang dipasok PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). PGN  memang tengah gencar membangun jaringan gas (jagas) rumah tangga di wilayah tersebut.

Direktur Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Alimuddin Baso mengatakan, Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) menugaskan PGN untuk membangun dan mengoperasikan jargas sebanyak 10.321 sambungan rumah.

“Sedangkan pemasangan jargas di 10.321 unit rumah tersebar di 21 kelurahan di Bandar Lampung,” kata Alimuddin, pada groundbreaking pembangunan jargas rumah tangga dan penyerahan konverter kit di Bandar Lampung, Kamis (3/8/2017).

Dalam penugasannya, PGN membangun jargas di Bandar Lampung sepanjang 204 kilometer (km) yang ditargetkan selesai pada akhir 2017.  Selain di Lampung, PGN tahun ini mendapatkan penugasan untuk membangun jargas di Musi Banyuasin, DKI Jakarta, dan Mojokerto dengan total sebanyak 26 ribu sambungan rumah tangga.

Sebelumnya, PGN juga mendapatkan penugasan untuk membangun dan mengoperasikan jargas di 8 wilayah berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 2461 K/12/MEM/2017, yakni wilayah Jabodetabek, Kabupaten Bogor, Kota Cirebon, Kota Surabaya, Kota Tarakan, Kabupaten Blora, Kota Semarang dan Kabupaten Sorong.

“Pemerintah bersama BUMN setiap tahunnya akan terus menambah pembangunan jaringan gas bumi rumah tangga, sehingga semakin banyak masyarakat merasakan manfaat besar menggunakan gas bumi, mulai dari lebih efisien, mudah, praktis dan mengalir 24 jam penuh tanpa takut kehabisan,” ucap Alimuddin.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Dilo Seno Widagdo menambahkan, selaku BUMN di sektor gas bumi, PGN siap melaksanakan penugasan yang diamanatkan pemerintah.

“PGN akan terus mendukung program konversi energi dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Saat ini PGN telah membangun dan mengelola lebih dari 7.270 km pipa gas bumi atau setara 80 persen infrastruktur pipa gas bumi Indonesia,” tutup Dilo.

Saat ini PGN telah memasok lebih dari 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, lebih dari 1.930 pelanggan komersial dan 204.000 pelanggan rumah tangga yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi di seluruh Indonesia.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN