Sukses

PGN Salurkan 2.730 MMBTU Gas Bumi per Bulan ke Konsumen Retail di Jakarta

Subholding Gas Pertamina PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), memperluas layanan gas bumi pada konsumen retail di Jakarta, dengan penyaluran rata-rata 2100 - 2730 MMBTU per bulan.

Liputan6.com, Jakarta Subholding Gas Pertamina PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), memperluas layanan gas bumi pada konsumen retail di Jakarta, dengan penyaluran rata-rata 2.100-2.730 MMBTU per bulan.

Area Head PGN Jakarta, Sheila Merlianty, mengatakan, PGN selaku Subholding Gas Bumi mendukung penggunaan energi bersih dengan menyalurkan gas bumi kepada Mall Kota Kasablanka, pengaliran gas bumi pertama dilakukab pada awal Maret 2024 dan akan digunakan oleh 99 tenant dan 600 tungku yang berada di dalam Mall tersebut.

“Mall ini berada di kawasan kuliner premium sehingga tenant-tenant-nya akan sangat potensial dan merasakan sekali value Energi Baik Gas Bumi dalam menghadapi iklim bisnis yang kompetitif," kata Sheila, Kamis (28/3/2024).

"PGN berharap pelanggan dapat memanfaatkan benefit dari Energi Baik Gas Bumi ini dan dengan senang hati terbuka jika masyarakat, khususnya para pengusaha ingin mengetahui cara berlangganan ataupun solusi dan nilai tambah apa yang dapat kita berikan kepada Pelanggan,” lanjut dia.

Menurutnya pemanfaatan gas bumi dapat berdampak multiplier dalam menumbuhkan dan menggeliatkan kegiatan perekonomian masyarakat sekitar yang memakai gas bumi sebagai energi penggeraknya.

Gerakkan Roda Ekonomi

PGN ingin menyelasakan visi misi untuk mendukung pemerintah dalam menggerakkan roda ekonomi dan menjadi solusi energi bersih ramah lingkungan melalui peningkatan pemanfaatan gas bumi pada masa transisi energi.

"Penggunaan gas bumi dapat mewujudkan visi misi Mall Kota Kasablanka dalam melayani Pengunjung," tuturnya

PGN terbuka dan mendorong bagi semua sektor usaha untuk menggunakan gas bumi, agar manfaatnya dapat dirasakan secara nyata bersama. Dampak efisiensi berbisnis, kehandalan produksi dan juga kelestarian lingkungan tentunya akan memberikan nilai keunggulan berkompetisi bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan gas bumi serta mewujudkan pelaksanaan bisnis yang mendukung pengendalian perubahan iklim.

“Gas PGN merupakan salah satu solusi bahan bakar dengan harga kompetitif dan ramah lingkungan,” ucap Tino Cahyadi selaku Chief Enginering Mall Kota Kasablanka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PGN Kantongi Kontrak dari Produsen Benang di Pasuruan

Subholding Gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendapatkan Kontrak Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan PT Easterntex, produsen benang dan kain campuran serat polyester/ kapas yang bermarkas di Pasuruan, Jawa Timur. 

PGN bakal menyalurkan gas bumi rata-rata 6.104 MMBtu/bulan kepada PT Easterntex. Sedengkan besaran kontrak yang telah disepakati oleh kedua belah pihak pada kondisi normal yaitu minimal 5.308 MMBTU/ Bulan dan maksimal 6.900 MMBTU/ Bulan. 

PT Easterntex menjadikan gas bumi sebagai bahan bakar utama karena sebelumnya menggunakan batu bara. "Kami beralih mengkonversi bahan bakar batu baru menjadi gas bumi karena hemat energi, suplai energi yang berkelanjutan, mendukung pengurangan karbon dan salah satu upaya penggunaan energi terbarukan," ujar Presiden Direktur PT Easterntex, Nobuhiro Yoshimura, Senin (25/3/2024). 

"Kami juga berharap agar PGN dapat senantiasa berkomitmen dan berusaha untuk menjaga stabilitas suplai gas karena itu sangat penring untuk keberlangsungan proses produksi," Nobuhiro menambahkan. 

 

3 dari 3 halaman

Bahan Bakar Utama

Sementara itu, Area Head Pasuruan PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN, Heri Frastiono mengapresiasi PT Easterntex yang menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar utama dalam proses produksinya.

"PGN berharap para pelanggan merasakan benefit dari energi baik gas bumi yang dapat meningkatkan produktivitas industri dan produk yang berdaya saing," ujar dia. 

"Hal ini juga selaras dengan visi misi PGN yang mendukung pemerintah sebagai solusi energi bersih ramah lingkungan dan mencapai target net zero emission pada tahun 2060 melalui peningkatan penggunaan gas bumi pada masa transisi energi," tambah Heri.

Heri menyebut, pihaknya telah melayani kebutuhan gas bumi kepada pelanggan industri, komersial dan rumah tangga dimana untuk pelanggan industri sebagian besar bergerak di sektor makanan, kimia, keramik, logam dasar, CNG dan tekstil. 

"Kami berkomitmen untuk menjaga ketahanan pasokan gas dan mengalirkan gas bumi secara terus menerus selama 24 jam per hari dan tujuh hari dalam sepekan dengan harga yang kompetitif," ujarnya.

 

Reporter: Dian Kurniawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • gas

  • Mal

  • Mall

  • Retail