Sukses

Menko Darmin Prediksi Ekonomi RI Kuartal 2 Tumbuh di Atas 5,1%

Negara lain telah mengakui kehebatan Pemerintah Indonesia dalam menjaga kondisi perekonomiannya.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menyatakan kondisi perekonomian Indonesia terus membaik. Pertumbuhan ekonomi pada kuartal 2 tahun ini diperkirakan meningkat di atas 5,1 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution‎ mengatakan, negara lain telah mengakui kehebatan Pemerintah Indonesia dalam menjaga kondisi perekonomiannya.

"Pertama yang mau saya sampaikan ekonomi kita memang pertumbuhannya kalau orang luar selalu menganggap hebat, bahkan di Asia Tenggara," kata Darmin, dalam acara sarasehan nasional pengendalian inflasi, di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Darmin mengakui, kondisi perekonomian Indonesia memang terus membaik. Dia pun memperkirakan ‎pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal 2 2017 sedikit di atas 5,1 persen. Lebih tinggi dari kuarta 1 2017 5,01 persen.

"Lihat kinerja perokonomian secara makro pertumbuhan kuartal 1 5,01 persen. Kira-kira kuartal 2 lebih kurang tidak jauh dari situ bisa ke atas," jelas dia.

Perkiraannya tersebut dilatarbelakangi membaiknya indikator ekonomi makro, seperti inflasi, transaksi berjalan‎, cadangan devisa, kemiskinan melambat, gini rasio membaik, dan pengangguran yang berkurang. "Dalam kaidah ekonomi itu membaik kualitasnya membaik‎," tuturnya.

Menurut Darmin, pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah investasi yang membaik, belanja negara yang mulai membaik‎, tingkat konsumsi serta ekspor yang meningkat.

‎"Baru tahun ini mulai membaik sehingga kuartal satu masuk 5 persen, dibanding kuartal satu tahun lalu 4,8 persen," tutup Darmin.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.