Sukses

Cek Rest Area Tol Semarang-Salatiga Saat Mudik Lebaran

Tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga akan difungsikan pada mudik Lebaran 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga akan difungsikan pada mudik Lebaran tahun ini. Dengan begitu, maka Tol Semarang-Salatiga akan tersambung lantaran Seksi I Tembalang (Semarang)-Ungaran dan Seksi II sudah bisa digunakan.

Ungaran-Bawen telah beroperasi sebelumnya. Lantas, di mana posisi tempat istirahat atau rest area di tol ini?

Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ) Ali Zainal Abidin mengatakan ada dua rest area pada tol yang menghubungkan antara Semarang dan Salatiga tersebut. Rest area pertama merupakan rest area permanen. Letaknya, di kilometer (Km) 22 dari arah Semarang atau terletak di Ungaran.

"Yang Km 22 sudah permanen, sudah ada tenant seperti Starbucks yang di Km 22. Itu yang Ungaran," kata dia kepada Liputan6.com, seperti ditulis di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Rest area kedua terletak di Km 49. Rest area ini masih bersifat sementara. "Kemudian km 49 kita ada rest area temporary, artinya kita sediakan lokasi untuk istirahat, lokasinya sudah kita lean concrete kemudian ada fasilitas musala, kesehatan, ada BBM. Sama paling tenant-tenant makanan," ujar dia.

Di samping itu, Ali mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan di sepanjang tol itu telah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian. Rencananya, jika terjadi kemacetan di pintu luar Tol Salatiga, maka tol akan berfungsi satu arah atau sebagai pintu keluar saja.

"Nanti jalan arteri Exit Tingkir arah keluar Gerbang Tol Salatiga sudah kerja sama Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas di sana. Apabila padat mungkin nanti yang difungsikan keluar tol saja," ungkap dia.

Jika kemacetan terjadi di dalam tol, maka Tol Bawen-Salatiga akan ditutup. Kendaraan dari Ungaran akan dialihkan keluar tol.

"Kemudian, kalau terjadi kepadatan di 1 Km menjelang Gerbang Salatiga mungkin Bawen-Salatiga kami tutup, nanti kendaraan kami keluarkan ke gerbang Tol Bawen," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.