Sukses

Konsep Holding BUMN Perbankan Rampung Bulan Depan

Kementerian BUMN mengaku tengah menyelesaikan kajian dan konsep pembentukan holding industri perbankan.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian BUMN mengaku tengah menyelesaikan kajian dan konsep pembentukan holding industri perbankan.‎ Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing BUMN di kancah internasional.

Deputi Kementerian BUMN Gatot Tri Hargo menjelaskan holding industri perbankan ini akan melibatkan 6 perusahaan.

Perusahaan itu adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Keenam perusahaan ini nantinya akan ditempatkan di bawah holding Dana Reksa. "Mei kita sudah siap, itu sudah memasukkan berbagai hal yang diusulkan, jadi tinggal nunggu Perpresnya," kata Gatot di Bogor,‎ Sabtu (29/4/2017).

Gatot mengungkapkan, seperti yang sering disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo bahwa ini adalah era persaingan. Untuk itu meningkatkan kapasitas perusahaan dalam negeri menjadi satu kunci dalam menghadapi kompetisi di pasar internasional termasuk dengan negara-negara tetangga.

Apa yang telah direncanakan oleh Kementerian BUMN ini, dikatakan Gatot sudah mendapatkan persetujuan oleh Presiden RI dan otoritas keuangan terkait seperti Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

‎"Permintaan relaksasi teknis perbankan kita ke OJK nyatanya juga sudah dipenuhi, dan sudah ada POJK nya pada 2016. Jadi masih on the track," tegas Gatot. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.