Sukses

Bawa 5 Benda Ini Agar Sukses Wawancara Kerja

Saat Anda menghadapi wawancara kerja di perusahaan penting, rasa cemas dan was-was mungkin menghampiri.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda menghadapi wawancara kerja di perusahaan penting, rasa cemas dan was-was mungkin menghampiri.

Jika cemas sudah menguasai, mudah untuk melupakan hal-hal penting. Misalnya jawaban yang selama ini sudah Anda latih atau bahkan rute transportasi menuju kantor impian.

Salah satu upaya supaya tidak melupakan hal-hal penting menjelang wawancara kerja adalah dengan membuat daftar. Semakin matang persiapan wawancara, semakin santai pula Anda menghadapinya.

Ahli karier Louise Giordano mengatakan kalau level persiapan bisa mempengaruhi keputusan diterima atau tidaknya. Melakukan persiapan sama pentingnya dengan membuat CV yang bagus.

Persiapan dapat menghasilkan perbedaan antara diterima atau ditolak. Sejauh apa persiapan Anda? Ini yang sebaiknya Anda bawa supaya wawancara kerja sukses seperti dikutip dari CekAja.com:

Foto kopi CV

Jangan tinggalkan rumah tanpa membawa foto kopian CV. Meskipun Anda sudah mengirimkan CV lewat pos atau email, bawa salinannya saat hari wawancara. Jangan hanya satu, tapi bawa lima untuk berjaga-jaga.

Siapa tahu Anda tidak diwawancara oleh satu orang tapi beberapa orang sekaligus. Orang yang mewawancarai Anda mungkin tidak punya waktu untuk mencetak CV, atau CV Anda sudah tertimpa CV kandidat lainnya sehingga sulit dicari. Sedia CV sebelum dihujani penyesalan.

Baju ganti

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan peluanganya makin besar ketika Anda gugup. Misalnya sebelum wawancara Anda minum kopi lalu tidak sengaja menumpahkannya ke kemeja. Atau tanpa diduda, Anda kecipratan genangan air dari mobil yang sedang melaju kencang.

Kecelakaan seperti ini bisa menghancurkan rasa percaya diri dalam sekejap. Oleh karenanya, pria disarankan membawa kemeja dan dasi cadangan, sedangkan wanita sebaiknya membawa blouse dan stoking cadangan.

Catatan rute



Catatan rute

Kalau Anda melamar di perusahaan besar dan belum begitu hapal daerah sekitar, jangan lupa buat catatan rute baik naik kendaraan pribadi maupun umum.

Di hari H sudah bukan saatnya lagi untuk nyasar. Jika perlu, sebaiknya Anda mencoba ke kantor tersebut untuk mengecek berapa waktu tempuh dari rumah Anda. Perkirakan juga kemacetan atau durasi ngetem kalau naik umum.

Hal terburuk di hari wawancara kerja adalah datang terlambat. Ini bisa membuat Anda langsung kehilangan kesempatan. Jangan lupa catat nama pewawancara supaya Anda tidak menghabiskan banyak waktu di depan resepsionis .

(Baca juga: Biaya Pendidikan 4 Pekerjaan di Bidang Digital Paling Diminati di Indonesia)

Catatan riwayat perusahaan

Luangkan waktu untuk mempelajari tentang perusahaan. Jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan besar, maka semakin banyak yang harus Anda pelajari. Seperti pencapaian, anak perusahaan, dan riwayat pendirian.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam menjawab pertanyaan pewawancara. Anda juga dinilai memiliki keingintahuan tinggi dan serius terhadap pekerjaan yang dilamar.

Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan

Dalam rangkaian wawancara, Anda akan diberikan kesempatan untuk bertanya. Tujuan dari sesi ini adalah karena pewawancara ingin mengetes seberapa besar keingintahuan Anda terhadap pekerjaan yang dilamar. Atau pewawancara ingin mengetes sejauh apa Anda mengerti apa yang sudah dia terangkan.

Meski judulnya kesempatan, namun banyak orang merasa tertekan karena seperti dipaksa bertanya. Supaya tidak malu, sebelumnya Anda bisa membuat daftar pertanyaan.

Tidak usah ragu mengeluarkan catatan daftar Anda di depan pewawancara. Tandanya, Anda memang ingin memanfaatkan kesempatan bertanya dengan sebaik-baiknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini