Sukses

5 Tips Sukses Berkarier di Industri IT

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun terdengar rumit, pekerjaan di industri Information and Technology (IT) sangatlah menjanjikan. Kenapa? Berdasarkan hasil survei Harris Interactive yang menyebutkan bahwa lowongan pekerjaan di bidang IT nantinya jauh lebih banyak dan memiliki prospek karier yang bagus dibanding profesi lainnya.

Dan lulusan IT diprediksi tidak akan merasakan menganggur terlalu lama karena diperkirakan pengembang perangkat lunak baru meningkat hingga 140 ribu pada 2022 mendatang. Bagaimana bisa berkarier sukses di industri IT?

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

1. Percaya diri

Karena pekerjaan Anda adalah membangun, Anda dituntut untuk percaya diri pada apa yang Anda kerjakan. Lambat laun, hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang akan membentuk pribadi Anda menjadi lebih baik.

2. Update terhadap perkembangan teknologi

Dengan rajin mengikuti perkembangan teknologi, Anda jadi lebih banyak tahu dan kreatifitas pun meningkat. Anda tak perlu khawatir kesulitan mencari informasi di dunia IT, karena saat ini sudah banyak bermunculan situs-situs tentang industri Teknologi dan Informasi.

3. Aktif di komunitas sesama IT

Dengan aktif mengikuti komunitas, Anda akan mendapatkan banyak referensi dan juga teman se-profesi. Seru banget kan? Di komunitas tersebut juga Anda bisa bertukar pikiran tentang permasalahan atau apa yang sudah Anda lakukan sejauh ini untuk pekerjaan Anda.

Anda yang seringkali merasa minder dan jenuh sebaiknya mengikuti komunitas yang sama dengan bidang Anda bekerja.

2 dari 2 halaman

Bangun portofolio



4. Bangun portofolio Anda

Idealnya, saat Anda memutuskan untuk berkarir di industri IT, Anda sudah memiliki project atau kontribusi di industri tersebut agar klien dapat melihat kemampuan Anda misalnya dalam membuat aplikasi ramah untuk gadget.

5. Ikuti program pelatihan atau baca buku tentang IT

Kalau ingin menambah pengetahuan di bidang IT, ikuti program pelatihan IT yang banyak ditawarkan berbagai lembaga terpercaya di Indonesia. Dan untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang, bisa mengembangkannya secara otodidak melalui buku seperti: The Pragmatic Programmer, Introduction to Algorithms, atau bacaan wajib IT lainnya yang Anda butuhkan.

Nah, kalau kelima hal di atas bisa Anda terapkan secara konsisten, siap-siap sukses di bidang IT ya!

Loading