Sukses

Ada Kereta Bandara, Waktu Tempuh Hanya 57 Menit

Ada kereta bandara akan mempermudah dan mempercepat akses dari Jakarta ke Bandara Soekarno Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Proses pembangunan kereta Bandara Soekarno-Hatta terus berlangsung. Kereta ini diharapkan dapat beroperasi pada Juni 2017.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan, adanya kereta ini akan mempermudah dan mempercepat akses dari Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

Dia menerangkan, kereta ini dapat diakses melalui dua stasiun keberangkatan yakni Stasiun Manggarai dan Stasiun Jakarta Kota. Adapun waktu tempuh masing-masing yakni 57 menit dan 40 menit.

"Totalnya 57 menit, Manggarainya. Kalau dari Kota lebih deket 40-an. Karena ada dua departure," kata dia di Jakarta, Sabtu (31/12/2016).

Perkembangan terakhir, KAI telah menyelesaikan 100 persen masalah pembebasan lahan. Di mana, sebelumnya terdapat 32 bidang belum terselesaikan.

KAI telah melakukan proses konsinyasi. Untuk lahan tersebut, perseroan telah menyerahkan dana sebesar Rp 62 miliar.

"Kalau itu tidak terima kita titip (diselesaikan) pengadilan. Karena putusan sudah final," ujar dia.

Sejalan dengan proses pembebasan lahan, Edi mengatakan, KAI juga menjalankan proses konstruksi."Kemarin Saya sudah tengok Sudirman baru, tapi namanya belum," ujar dia.

Edi berharap proyek kereta bandara Soekarno Hatta segera rampung. Transportasi ini akan menjadi alternatif bagi masyarakat. Kemudian, kereta ini akan mengurai kemacetan di jalan.

"Estimasinya, kayaknya 20-30 persen bisa terkurangi karena terpecahkan. Kita berharap secara bersamaan barangkali akses bandara mau dikembangkan," tutur dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.