Sukses

Jelang Natal dan Tahun Baru, AP I Buka Posko di 13 Bandara

Pada angkutan Natal dan tahun baru kali ini, AP I memperkirakan pergerakan penumpang di 13 bandara meningkat dari 5,247 juta penumpang.

Liputan6.com, Yogyakarta - Angkasa Pura (AP) I membuka Posko Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru di 13 bandara yang berada di bawah naungannya, termasuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Posko itu beroperasi selama 22 hari dari H-7 Natal sampai H+7 tahun baru, atau 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017.

Posko yang diberi nama Nataru ini akan beroperasi sesuai jam operasional bandara dan disiapkan jaringan CCTV yang terkoneksi dengan posko monitoring di Kantor Pusat Angkasa Pura I di Jakarta serta contact person dari masing-masing bandara yang bisa dihubungi selama operasional posko berlangsung.

"Untuk mengantisipasi adanya antrean panjang di terminal, kami meminta maskapai penerbangan untuk menjaga ground time performance, sehingga tidak ada penerbangan yang terlambat," ujar Danang S. Baskoro, Direktur Utama AP I di Yogyakarta, Kamis (15/12/2016).

Ia mengusulkan kepada beberapa bandara yang padat, seperti I Gusti Ngurah Rai Bali, untuk meminta maskapai mengganti pesawatnya dengan pesawat berbadan lebar atau wide body pada Natal dan Tahun Baru ini.

Pada angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini, tutur Danang, AP I memperkirakan pergerakan penumpang di 13 bandara meningkat dari 5,247 juta menjadi 6,195 juta penumpang atau naik sekitar 18,07 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara, pergerakan pesawat diperkirakan naik 13,44 persen, dari 41.200 pergerakan menjadi 46.700 pergerakan.

"Peak season terjadi pada H-2 sampai H-1 Natal dan H sampai H+3 Tahun Baru," ucap Danang. (Switzy/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini