Sukses

Cara Simpan Uang Biar Hidup Tak Susah

Ada pepatah yang mengatakan bahwa di dalam hidup ini uang bukan segalanya.

Liputan6.com, New York - Ada pepatah yang mengatakan bahwa di dalam hidup ini uang bukan segalanya. Banyak cara agar hidup bisa bahagia tanpa harus memiliki banyak uang.

Namun tak bisa pungkiri, dengan uang bisa membuat hidup sedikit lebih tenang. Oleh karena itu, mengelola keuangan dengan baik bisa membantu hidup kita lebih nyaman.

Oleh karena itu, setidaknya memiliki simpanan uang menjadi sangat penting. Simpanan itu bisa kita manfaatkan ketika ada kebutuhan mendadak yang tidak bisa kita hindari.

Lalu bagaimana cara menyimpan uang? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan seperti dikutip dari Lifehack.com, Selasa (27/9/2016):

1. Mulai menjual dan berhenti mengoleksi

Tanpa kita sadari, banyak barang di rumah kita yang tergeletak begitu saja dan tak digunakan lagi.

Bagi beberapa orang, menyimpan barang yang sudah tidak dipakai merupakan hobi. Alasannya, siapa tahu barang tersebut berguna di kemudian hari.

Namun sebenarnya lebih berguna jika barang tersebut dijual dan uangnya Anda simpan dan digunakan jika ada kebutuhan mendadak di kemudian hari.

2. Memanfaatkan poin kartu kredit

Menyimpan uang jangan hanya diartikan secara harafiah dengan menyiapkan sebuah tempat khusus untuk menaruh dana Anda. Menghemat juga bisa disebut dengan menyimpan uang.

Salah satu cara menghemat adalah dengan memanfaatkan poin di kartu kredit saat berbelanja. Beberapa outlet atau merchant perbelanjaan biasanya memberikan potongan harga saat Anda berbelanja menggunakan kartu kredit. Gunakanlah poin tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat daftar belanja dan jangan dilanggar

3. Buat daftar belanja dan jangan dilanggar

Membuat daftar belanjaan membuat keuangan Anda terpantau dengan baik. Anda harus memilih dengan ketat mana yang merupakan kebutuhan.

Namun membuat daftar saja tidak akan ada gunanya jika Anda tidak menepati. Cobalah untuk disiplin dengan hanya membeli barang-barang yang ada dalam daftar belanjaan.

4. Menghindari makanan cepat saji

Membeli makanan cepat saji sangat praktis bagi pekerja kantoran. Sebelum pulang kantor, biasanya para pekerja akan mampir di restoran cepat saji.

Namun sebenarnya di balik kepraktisan tersebut terdapat sifat boros. Harga makanan cepat saji sangat jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan memasak sendiri.

3 dari 3 halaman

Menggunakan lampu LED

5. Menggunakan lampu LED

Sepertinya sangat sederhana yaitu mengganti lampu yang Anda gunakan dengan teknologi LED. Namun di balik kesederhanaan tersebut tersimpan penghematan yang luar biasa.

Lampu LED terbukti bisa mengurangi tagihan listrik cukup besar. Selain itu, lampu LED juga terbukti lebih awet jika dibandingkan dengan lampu teknologi sebelumnya.

6. Bandingkan harga

Berbelanja di supermarket sangat praktis. Segala hal tersedia sehingga tak perlu pindah-pindah toko untuk membeli sesuatu.

Namun tahukah Anda jika di setiap supermarket ada barang-barang yang menawarkan harga sangat murah tetapi juga ada barang-barang dengan harga sangat tinggi.

Membandingkan harga antara satu merek dengan merek lain sangat disarankan. Selain itu, jika Anda benar-benar ingin meghemat uang, membandingkan harga antara satu toko dengan toko lain juga sangat disarankan. (Gdn/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini