Sukses

Cek Daftar KA Tambahan Hadapi Libur Idul Adha

Minat masyarakat yang tinggi menggunakan kereta terlihat dari habisnya tiket pada 8-12 September 2016.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 10 KA tambahan mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi KA jelang libur panjang (long weekend) yang bersamaan dengan libur Idul Adha yang jatuh pada Senin 12 September 2016.

SM Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno menjelaskan, KA-KA tambahan tersebut terdiri dari tujuh KA kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir, dan tiga KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasarsenen. Kereta tersebut akan dioperasikan mulai 8–13 September 2016.

10 KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain Solo (Argo Lawu Fakultatif), Semarang (Argo Sindoro Tambahan), Bandung (Argo Parahyangan Fakultatif), Surabaya (KLB Ekonomi) masing-masing 1 KA, Cirebon 4 KA (Cirebon Ekspress Tambahan, Argo Jati Fakulatif, dan Argo Jati Tambahan), dan Yogyakarta 2 KA (KLB Ekonomi dan Taksaka Malam Tambahan). ‎

Minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda transportasi KA ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA pada 8–12 September.

"Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 13.00 WIB hari ini, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Senin (5/9/2016).

KA keberangkatan dari stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Kamis 8 September 2016 yaitu KA Argo Anggrek pagi dan malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka pagi dan malam tujuan Yogyakarta, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Sedangkan untuk KA keberangkatan pada Jumat 9 September KA Argo Anggrek pagi dan malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang.

Selain itu, KA Taksaka pagi dan malam tujuan Yogyakarta, Argo Sindoro dan Argo Muria jurusan Semarang Tawang, Argo Jati jurusan Cirebon, Argo Parahyangan tujuan Bandung, Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Tinggal beberapa KA seperti Cirebon Ekspress dan Tegal Bahari tujuan Cirebon dan Tegal yang masih tersisa, itu pun hanya rata-rata 15 persen saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen

Sementara itu, KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen, untuk KA Keberangkatan Kamis 8 September 2016 hampir semua KA sudah mencapai 100 persen okupansinya kecuali, KA Serayu Pagi, KA Menoreh Pagi, KA Gajahwong, KA Kertajaya, dan KA Jakatingkir.

Tiket yang tersisa pun hanya di kisaran rata-rata 25 persen dari total tiket yang dijual kecuali KA Kertajaya.

Sedangkan KA untuk keberangkatan Jumat 9 September 2016 tinggal KA Serayu malam dan KA Kertajaya yang tersisa tiketnya.

Data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, karena online ticketing, pengguna jasa KA bisa melihat langsung melalui website tiket.kereta-api.co.id atau melalui chanel-chanel eksternal.

Bambang memaparkan, PT KAI tetap konsisten dalam kenyaman dan keamanan pengguna jasa. Untuk KA jarak jauh membatasi kapasitas angkut hanya 100 persen atau tiket dijual sesuai jumlah tempat duduk yang tersedia saja, pada semua kelas (eksekutif, bisnis, ekonomi).

Selain itu, Bambang menuturkan, untuk pemesanan tiket sesuai identitas bagi yang akan bepergian, dan jika identitas tidak sesuai maka tiket dinyatakan tidak berlaku. Pastikan jadwal keberangkatan dan tanggal keberangkatan KA dan pertimbangkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun keberangkatan KA.

"Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen, pastikan reservasi melalui agen atau chanel-chanel resmi yang bekerjasama dengan PT KAI," tutur Bambang.

Keberangkatan dari Stasiun Gambir :

1. Argo Lawu Fakultatif, jurusan Gambir-Solo, berangkat pukul 21.15 WIB, keberangkatan tanggal 8, 9, 10    
2. Taksaka Malam Tambahan, jurusan Gambir - Yogyakarta Tugu, berangkat pukul 21.00 WIB, keberangkatan tanggal 8, 9, 10, 12
3. Argo Sindoro Tambahan, jurusan Gambir-Semarang Tawang, berangkat pukul 16.30 WIB, keberangkatan tanggal 9
4. Cirebon Ekspres Tambahan, jurusan Gambir-Cirebon, berangkat pukul 20.30 WIB, keberangkatan tanggal 9, 11, 12
5. Argo Jati Tambahan, jurusan Gambir- Cirebon, berangkat pukul 00.05 WIB, keberangkatan tanggal 13
6. Argo Jati Fakultatuif, jurusan Gambir-Cirebon, berangkat pukul 06.40 WIB, keberangkatan tanggal 9, 10, 11
7. Argo Parahyanganfakultatif, jurusan Gambir-Bandung, berangkat pukul 06.30 WIB, keberangkatan tanggal 10, 12

Keberangkatan Stasiun Pasar Senen :


1. KLB Ekonomi, jurusan Pasar Senen-Surabaya Gubeng,  berangkat pukul 17.00 WIB, berangkat tanggal 8, 10.
2. KLB Ekonomi, jurusan Pasar Senen-Yogyakarta Lempuyangan,  berangkat pukul 23.15 WIB, barangkat tanggal 9, 10, 12.
3. Cirebon Ekspres Tambahan, jurusan Pasar Senen-Cirebon berangkat pukul 06.00 WIB, berangkat tanggal 12. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • kai