Sukses

6 Tipe Rekan Menyebalkan dan Cara Mengatasinya

Saat Anda bekerja, tentunya banyak rekan kerja menyebalkan yang seringkali menganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda bekerja, tentunya banyak rekan kerja menyebalkan yang seringkali tidak hanya menganggu Anda, tapi memberikan dampak buruk bagi diri Anda. Anda harus belajar tentang tipe-tipe rekan kerja tersebut dan berusaha mencari cara mengatasinya.

Mengutip Inc, Kamis (21/7/2016), berikut 6 tipe rekan kerja menyebalkan dan cara mengatasinya:

1. The Undecider

Rekan kerja ini biasanya membutuhkan waktu berhari-hari hanya untuk mengambil sebuah keputusan, dan setelah mereka mengambil keputusan, mereka biasanya akan mempertimbangkan lagi keputusannya tersebut.

Ketika segala hal menjadi buruk akibat keragu-raguannya tersebut, dia akan lepas tanggung jawab, dan menyatakan bahwa hal tersebut bukan kesalahannya.

Cara mengatasinya:

Buatlah batas waktu terhadap rekan kerja tersebut kapan dia harus memberikan keputusan, dan berjanji dia akan menerima keputusan lain jika dia belum memberikan jawaban. Ketika deadline datang, langsung ajukan keputusan lain yang telah Anda buat, dan minta dia untuk menyetujuinya.

2. The Ultra-Competitor

Tidak masalah situasi yang terjadi, seorang ultra-competitor akan terus berusaha agar dirinya menang. Rekan kerja dengan tipe ini tidak peduli orang lain terluka, selama dia bisa mengalahkan orang lain.

Cara mengetasinya:

Beritahu rekan kerja Anda bahwa yang terpenting adalah kemenangan tim, bukan hanya dia yang menang. Anda dapat memberitahu dirinya bahwa bekerja sebagai tim akan mendapat beberapa keuntungan dibandingkan bekerja sendiri.

3. The Drama Queen

Rekan kerja dengan tipe ini sangat menyebalkan, dia seringkali membesarkan masalah-masalah kecil. Dia membalas berbagai argumen yang Anda berikan dengan penuh emosi dan intonasi yang lantang. Tipikal seorang ‘ratu drama’ ini berusaha mengambil perhatian dari atasan, di mana seringkali justru menjatuhkan imej karyawan yang lain.

Cara mengatasinya:

Beritahu rekan kerja Anda bahwa Anda tidak menyukai sikap dia yang seperti ‘ratu drama’. Minta dia mengubah sikapnya. Ancam rekan kerja Anda bahwa Anda tidak akan mengajaknya untuk rapat atau melakukan suatu proyek jika dia tetap bersikap seperti itu.

4. The Panic Button

Pekerja dengan tipe ini tidak terbiasa dengan terjadinya krisis dan tidak bisa dengan mudah mengatasinya. Orang-orang tipikal the panic button biasanya orang yang tenang sepanjang hari dan minggu, hingga masalah datang menghampiri mereka. Mereka yang tidak terbiasa mengatasi suatu masalah, biasanya akan panik, dan tidak bisa diam.

Cara mengatasinya:

Beritahu rekan kerja Anda bahwa sebentar lagi perusahaan akan mengalami permasalahan. Berikan saran bagi rekan kerja Anda bagaimana dia harus bertindak agar tidak panik.

5. The Creative Genius

Tipikal ini adalah tipikal orang-orang yang berbicara besar. Dia bercerita tentang banyak hal mengagumkan yang dia lakukan pada masa lalu, dan menceritakan hal-hal menyenangkan yang akan dia lakukan di masa depan. Sayangnya, dia seringkali tidak melakukan hal luar biasa pada hari tersebut.

Cara mengatasinya:

Tegur dia bahwa dia harus memperlihatkan kinerjanya dengan sebuah tindakan, bukan hanya kata-kata semata. Buat dia tidak tinggi hati, dengan memperlihatkan bahwa hal mengagumkan yang dia pernah lakukan tidak seberapa yang pernah Anda lakukan.

6. The Volcano

Tipikal rekan kerja ini adalah tipikal orang yang suka meledak-ledak. Dia seringkali marah ketika beberapa hal tidak sesuai yang dia harapakan. Dia berteriak saat rapat, membentaak di telepon, bahkan menunjuk muka Anda. Walaupun beberapa saat kemudian dia akan meminta maaf, tetap saja akan susah bekerja sama tim dengan orang seperti ini.

Cara mengatasinya:

Buat diri Anda lebih meledak dari dirinya, dan ancam rekan kerja Anda bahwa Anda tidak menyukai sikap tidak profesionalnya. Jika perlu, tinggalkan rekan kerja Anda yang sedang meledak-ledak, hingga amarahnya merendah. (Aldo Lim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini