Sukses

BI Rate dan 7 Day Reverse Repo Rate Tak Berubah

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan BI Rate di angka 6,50 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan BI Rate di angka 6,50 persen. Selain itu, BI juga menahan suku bunga Deposit Facility di angka 4,50 persen dan Lending Facility tetap 7 persen. Penurunan ini berlaku efektif sejak 22 Juli 2016.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara menjelaskan, dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI yang berlangsung selama dua hari yaitu 20-21 Juli 2016 juga memutuskan BI 7-day (Reverse) Repo Rate tetap di angka 5,25 persen.

" Keputusan DRG ini sejalan dengan rencana reformulasi suku bunga kebijakan yang telah diumumkan pada April lalu," jelas dia di Jakarta, Kamis (21/7/2016). 

Tirta melanjutkan, bauran kebijakan tersebut sejalan dengan langkah BI untuk melakukan stabilisasi makroekonomi yang tercermin dari inflasi yang rendah, defisit transaksi berjalan yang terkendali, dan nilai tukar yang relatif stabil.

Bauran kebijakan tersebut diharapkan dapat semakin memperkuat upaya untuk meningkatkan permintaan domestik guna terus mendorong momentum pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi, di tengah masih lemahnya perekonomian global.

BI yakin bahwa pelonggaran kebijakan moneter dan makroprudensial akan memperkuat kebijakan yang ditempuh Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui penguatan stimulus pertumbuhan dan percepatan implementasi reformasi struktural.

"Sejauh ini stabilitas makro terjaga tercermin dari inflasi di kisaran 4 persen dan nilai tukar rupiah relatif stabil," lanjut Tirta. 

Namun, Bank Indonesia melihat adanya risiko dari eksternal yaitu perekonomian global yang masih belum stabil. Pemulihan ekonomi global berlangsung lambat dan tidak merata, sementara risiko ketidakpastian di pasar keuangan global sedikit mereda.

Berikut adalah struktur suku bunga atau term structure operasi moneter Bank Indonesia:
7 day       -> 5,25 persen
2 minggu -> 5,45 persen
1 bulan    -> 5,70 persen
3 bulan    -> 6,10 persen
6 bulan    -> 6,30 persen
9 bulan    -> 6,40 persen
12 bulan  -> 6,50 persen.

 

(Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini