Sukses

Punya Uang Koin Menumpuk di Rumah? Tukarkan Saja di Sini

Bank Indonesia akan melayani penukaran uang koin menjadi uang kertas pada hari Sabtu dan Minggu

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan melayani penukaran uang koin menjadi uang kertas pada hari Sabtu dan Minggu pekan ini atau pada tanggal 25 Juni-26 Juni 2016 di Lapangan IRTI, Monumen Nasional, Jakarta. Penukaran ini merupakan bagian program BI bertajuk `Peduli Koin`.

Asisten Direktur Divisi Pengelolaan Uang Keluar, Departemen Peredaran Uang BI R Sugeng mengatakan, program ini bertujuan untuk memaksimalkan transaksi dengan uang koin.

 



"Kita nanti Sabtu dan Minggu. Makanya datang, kita ada program Peduli Koin. Menarik uang-uang logam, baik maupun jelek," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Dia menerangkan, selama ini banyak uang koin tidak maksimal pemanfaatannya. Dia bilang, banyak uang koin justru hanya tersimpan di rumah dan tidak digunakan sebagai alat transaksi.

"Contoh kalau ada uang Rp 200 sama Rp 100, kumpulkan bisa ditukarkan," kata dia.

Dia mengatakan, ‎BI tidak membatasi jumlah penukaran uang koin masyarakat. Namun, penukaran uang koin ini ditujukan kepada uang yang masih berlaku serinya.

"Kalau Peduli Koin nggak dibatasi, sebanyak mungkin dihitung. Kalau seri lama sudah ditarik peredarannya. Jadi ini yang berlaku," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini