Sukses

Diakuisisi BGD, Bank Pundi Bakal Berubah Jadi BPD Banten

PT Banten Global Development (BGD) telah menandatangani perjanjian induk dengan Bank Pundi untuk diakuisisi menjadi BPD Banten

Liputan6.com, Jakarta - PT Banten Global Development (BGD) telah menandatangani perjanjian induk dengan Bank Pundi untuk diakuisisi menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten.

"Apabila rencana akuisisi tersebut direalisasikan dan BGD menjadi pemegang saham mayoritas yang baru, maka Bank Pundi akan berubah menjadi BPD Banten," kata Humas PT BGD, Intan Soraya, saat dihubungi, Sabtu (14/05/2016).

Perjanjian induk tersebut berlangsung pada Rabu 11 Mei 2016 dilakukan di kantor Legal Advisor Ginting Dan Reksodiputro, Jakarta.

Menurut Intan, Bank Pundi dianggap sebagai pilihan tepat karena fokusnya dalam penyaluran UMKM. Langlah tersebut sejalan dengan visi dan misi PT BGD selaku entitas atau BUMD Banten.

"Tentunya hal ini dapat menciptakan sinergi yang baik, di mana Bank Pundi saat ini fokus kepada UMKM akan memperkuat permodalan dan ekspansi bisnisnya," terangnya.

Intan pun menjelaskan bahwa jika penyaluran UMKM dari Bank Pundi yang akan berubah menjadi BPD Banten terus diperkuat dengan permodalan PT BGD, maka diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Banten di sektor usaha kecil dan mikro.

"BGD akan dapat meningkatkan bisnis dan peranannya bagi peningkatan perekonomian masyarakat pada umumnya dan masyarakat Banten pada khususnya. Juga memberikan kemudahan akses jasa perbankan bagi para pelaku usaha UMKM," tegasnya.

Rencana PT BGD mengakuisisi saham Bank Pundi ini dilatarbelakangi dari pemerintah provinsi Banten yang memerlukan dukungan lembaga keuangan. Pembentukan lembaga keuangan ini untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Banten.

Dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah provinsi Banten tahun 2012-2017, pemprov Banten memiliki arah kebijakan untuk membentuk bank pembangunan daerah Banten melalui penyertaan modal oleh PT BGD.

Berdasarkan keterangan tertulis, setelah melalui proses seleksi internal yang dilaporkan kepada Gubernur dan DPRD Provinsi Banten sebagai pemangku kepentingan, PT Banten Global Development (BGD) memiliki bank Pundi yang dinilai memenuhi kriteria menjadi bank target akuisisi.

Kemudian BUMD Provinsi Banten ini akan mengubah bank Pundi menjadi bank pembangunan daerah Banten. Untuk akuisisi saham Bank Pundi dengan menambah modal tersebut, PT BGD akan menggunakan dana internal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini