Sukses

300 Toko Tani Tersebar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan 1.000 toko tani Indonesia dibangun pada tahun ini. Dari target tersebut, saat ini telah berdiri 300 toko‎ tani yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Ini program berkelanjutan. Target kita tahun ini 1.000 toko tani kita bangun. Saat ini sudah ada dibuka 300 toko tani di seluruh Indonesia," ujar ‎Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Jakarta, Minggu (8/5/2016).

Dia mengatakan, pendirian toko tani murah ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Kementan bekerja sama dengan ‎Perum Bulog bisa menyediakan produk pangan berkualitas namun dengan harga murah.‎ Dengan demikian diharapkan dapat menjadi penyeimbang di saat terjadi lonjakan harga di pasaran.

"Pak Presiden menginstruksikan untuk membuka pasar murah tetapi berkualitas.‎ Ini kita buka di seluruh Indonesia, bukan hanya di Jakarta," kata dia.

Amran menuturkan, skema yang diterapkan oleh toko tani murah ini berbeda dengan toko-toko pada umumnya. Toko tani ini tidak mengutamakan keuntungan semata, melainkan menyediakan produk pangan dengan harga yang wajar bagi konsumen namun tetap memberikan keuntungan bagi petani.

"Prinsip penjualannya sedikit kali banyak. Untung sedikit tetapi pembelinya banyak dan terus menerus. Melalui toko tani ini diharapkan akan membentuk struktur pasar yang baru," ungkap dia. (Dny/Ahm)

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa