Sukses

Tips Mudah Booking Hotel dengan Harga Murah

Hotel atau tempat penginapan murah pun menjadi incaran yang banyak dicari ketika ingin lakukan traveling.

Liputan6.com, Jakarta - Pergi jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri dapat membuat pikiran menjadi lebih segar. Apalagi kalau Anda punya budget yang banyak untuk traveling, pastinya gak usah pusing mikirin masalah uang.

Tetapi sayangnya, terkadang bujet traveling yang Anda miliki pas-pasan jadi sebisa mungkin harus menekan pengeluaran ketika berwisata nanti. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan hotel yang murah.

Mendapatkan hotel yang murah ternyata perlu berbagai cara, berikut 5 tips mudah yang bisa dilakukan seperti dikutip dari CekAja.com, Sabtu (26/2/2016):

Pakai program metasearch

Apa yang dimaksud program metasearch untuk hotel? Maksudnya adalah program yang membandingkan harga hotel di sebuah situs web dengan situs web yang lain.

Sebenarnya program metasearch ini disediakan di sebuah web yang dapat melakukan pencarian beberapa situs pemesanan hotel sekaligus.

Misalnya, Anda bisa mencari hotel dengan perbandingan harga di booking.com, hotels.com, agoda.com dan sebagainya sekaligus lewat website tripadvisor, atau website trivago yang menggunakan program metasearch hotel.

Manfaatkan promo kartu kredit

Di beberapa website dan beberapa hotel tertentu, biasanya ada program kerja sama yang dilakukan dengan beberapa penyedia layanan kartu kredit.

Nah, kalau Anda sudah memiliki kartu kredit yang bekerja sama dengan hotel atau website tersebut maka sebaiknya booking menggunakan kartu kredit agar mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya.

(Baca juga: 5 Alasan Anda Harus Miliki Asuransi Perjalanan Saat Lakukan Travelling)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Corporate rate

Gunakan corporate rate

Cara ini bisa dilakukan apabila Anda bekerja sebagai travel admin di kantor. Maksudnya seseorang yang biasa mengurus perjalanan dinas para manajer atau karyawan lapangan lainnya.

Bila demikian, tidak ada salahnya Anda pun memanfaatkan fasilitas corporate hotel yang biasanya diberikan kepada perusahaan. Walau begitu, sebaiknya izin dulu kepada atasan agar tidak membuat masalah di kemudian hari nanti.

Booking di menit terakhir
Apabila biasanya saat merencanakan perjalanan atau taveling ke tempat tujuan Anda selalu booking hotel jauh-jauh hari, kali ini lakukanlah hal yang sedikit berbeda. Yaitu melakukan pemesanan hotel pada saat menit-menit terakhir.

Karena ternyata ada beberapa online travel agent yang memiliki perjanjian kerjasama dengan beberapa pihak hotel untuk memberikan `diskon gila-gilaan` pada saat kamar belum habis terjual.

Biasanya penawaran tersebut ditandai dengan berbagai tagline seperti `Tonight’s deal`, `Deals Tonight`,dan sebagainya. (Baca juga: 10 Kondisi yang Bisa Terjadi Saat Lakukan Perjalanan Liburan)

Gunakan fitur free cancelation

Pada saat melakukan pemesanan kamar hotel dengan menggunakan agen travel online, biasanya Anda akan melihat kata-kata free cancelation pada beberapa kamar hotel. Ini artinya ketika Anda membatalkan pemesanan nanti tidak akan dikenakan biaya.

Jadi, apabila mendadak Anda mendapatkan hotel yang lebih murah atau misalnya justru dapat tempat bermalam di tempat teman Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pembatalan pemesanan hotel yang telah dilakukan sebelumnya. (Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.