Sukses

Miliarder China Beli Perusahaan Film Hollywood Rp 48,5 Triliun

Pembelian perusahaan film Holywood senilai Rp 48,5 triliun itu dibayar dalam bentuk uang tunai

Liputan6.com, Jakarta - Dengan harta yang berlimpah, Anda tampaknya bisa memenuhi seluruh keinginan pribadi. Seperti halnya miliarder terkaya di China, Wang Jianlin yang begitu menggebu menjadi orang China pertama yang mengendalikan perusahaan film Hollywood.

Melansir laman Financial Post, Jumat (15/1/2015), tanpa ragu ia sepakat membeli perusahaan produsen film Godzilla itu senilai US$ 3,5 miliar atau Rp 48,5 triliun (kurs: 13.853/US$) dalam bentuk uang tunai.

Pembelian perusahaan film Legendary Entertainment yang berpusat di California ini juga sekaligus menandai akuisisi lintas negara yang terbesar di China. Selain itu, pembelian tersebut juga membuka jalan untuk menciptakan perusahaan film terbesar di dunia berdasarkan pendapatan per tahun.


Selain itu, produsen Jurassic World ini juga membuka jalan bagi China untuk memperluas pengaruhnya di bisnis perfilman Amerika Serikat. Sementara bagi Wang, kesepakatan itu merupakan salah satu tanda ambisinya untuk memperluas kerajaan dunia hiburan di dunia.

Pada saat bersamaan, dia juga memang tengah membangun taman studio terbesar di dunia serta bioskop terbesar kedua di Amerika Serikat.

"Ini merupakan aset yang mampu dibeli Wang. Bahkan dia memiliki uang tunai untuk membelinya. erusahaan ini juga memiliki beberapa film action terbaik," kata pendiri CastleHill Partners di Beijing, Peter Schloss.

Dana pembelian Wang bagi Legendary memberikan akses pendanaan untuk mengeluarkan film-film terbarunya. Pada 2014, Legendary berhasil memperoleh dana ekuitas senilai US$ 250 juta dari Softbank Group Corp., Jepang.

Tahun lalu, perusahaan yang tengah kesulitan dana itu juga dikabarkan meminjam dana senilai US$ 700 juta untuk membiayai produksi filmnya.

Usai pembelian tersebut, Legendary akan bergabung dengan portofolio dunia hiburan Wang yang tengah tumbuh pesat seperti AMC Entertainment Holdings Inc., Infront Sports & Media AG dan saham di Club Atletico de Madrid, Spanyol.

Pada 2014, Wanda, perusahaan yang dipimpinnya juga membeli sebuah lahan di Beverly Hill senilai US$ 1,2 miliar sebagai langkah pertamanya masuk ke dunia Hollywood.

Wang juga kini tengah menjajaki usaha pembelian aset perfilman di Eropa. Namun dirinya mengaku masih menunggu waktu yang tepat mengingat harganya masih terlalu tinggi. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.