Sukses

PLN Berkontribusi Wujudkan Harapan Kapsul Waktu

Kemajuan ekonomi dan teknologi dapat terjadi asal didukung infrastruktur listrik memadai.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) ikut berperan dalam mewujudkan harapan dan impian masyarakat seluruh Indonesia melalui kegiatan kapsul waktu 2085.

Manajer Senior Publik Relation PLN Agung Murdifi mengungkapkan, peran PLN dalam mewujudkan harapan dan impian tersebut, dituangkan dalam dukungan dan usaha keras PLN untuk terus memperbaiki dan menambah ketersediaan infrastruktur khususnya di bidang ketenagalistrikan.

"Ekspedisi Kapsul 2085 ini telah mengumpulkan harapan dan impian seluruh anak Bangsa dari Nol Kilometer di Kota Sabang, sampai kota Merauke, di ujung timur Indonesia. Impian setiap anak bangsa di setiap Provinsi, dijadikan satu menjadi impian bersama, dirajut menjadi satu dalam kapsul waktu yang akan dibuka pada 2085 nanti," kata Agung, di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Agung menuturkan, kemajuan teknologi dan ekonomi akan terlambat jika infrastruktur listriknya belum menjangkau ke seluruh pelosok tanah air, agar anak-anak bisa belajar dengan baik maka harus ada listriknya, dan untuk perkembangan ekonomi maka listrik juga menjadi salah satu faktor pendorongnya.

"Secara umum harapan dan impian masyarakat yaitu Indonesia bisa maju di bidang Teknologi, Pendidikan dan kemajuan di Bidang Ekonomi. Semua harapan tersebut tentu butuh dukungan infrasruktur termasuk yang utama adalah kelistrikan yang cukup, memadai dan handal," tutur Agung.

Agung menyebutkan, di Kalimantan Utara misalnya, masyarakat berharap daerahnya yang termasuk daerah perbatasan bisa didukung dengan infrastruktur kelistrikan yang mudah didapat, dijangkau dan modern.

Saat ini, PLN juga terus menggenjot pembangunan proyek pembangkit dan transmisi sehingga menambah pasokan energi di berbagai daerah, termasuk di daerah perbatasan, sehingga juga bisa mendorong daerah-daerah untuk mempunyai daya saing yang tinggi.

Hal yang sama juga diharapkan masyarakat di Papua, Bengkulu, Riau yang memimpikan daerahnya menjadi desa layak huni, dengan kemudahan sarana dan prasarana seperti jalan dan listrik.

Di Maluku, masyarakatnya bermimpi supaya Maluku listrik selalu hidup terus dan handal. Listrik dapat murah untuk masyarakat miskin. Di Papua, harapan dan mimpi menjadikan Papua pusat industri terbesar di dunia.

Dengan mimpi-mimpi itu tentu PLN juga akan mendukung dari pembangunan infrastruktur agar mimpi tersebut dapat terwujud paling lambat untuk 70 tahun ke depan.

Saat ini kapasitas terpasang PLN dari Sabang sampai Merauke mencapai sekitar 50.000 Mega Watt (MW). Hingga 2019, PLN bersama pemerintah sedang membangun pembangkit hingga 35.000 MW, berikut jaringan transmisinya.

"PLN terus bekerja keras untuk membangun infratruktur kelistrikan lebih baik lagi, kami berharap program listrik 35.000 MW bisa menjadi motivasi kita semua untuk Indonesia yang terang benderang," ujar Agung. (Pew/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6


    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini