Sukses

Elang Mahkota Dorong Pendapatan Bisnis Konten

Liputan6.com, Jakarta - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) memperkirakan pendapatan perseroan bakal tumbuh 10-15 persen pada 2016. Kontribusi pendapatan sebagian besar masih didominasi dari penyiaran.

Wakil Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, Sutanto Hartono menuturkan, kontribusi pendapatan sebagian besar masih dari penyiaran yang mencapai 75 persen dari total pendapatan. Diperkirakan, divisi penyiaran masih memberikan kontribusi signifikan ke perseroan. Kemudian disusul kontribusi dari divisi solusi dan sisanya konektivitas. Perseroan mengharapkan pertumbuhan pendapatan mencapai 10-15 persen pada 2016.

"Pertumbuhan 10-15 persen, tetapi defensifnya 10 persen. Karena pelaku usaha belum optimistis tahun depan. Akan tetapi kurs rupiahnya sudah stabil," ujar Sutanto saat ditemui usai paparan publik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, Kamis (10/12/2015).

Sutanto mengatakan, perseroan juga terus mengembangkan ekspansi ke depan dengan tidak hanya memperkuat bisnis di penyiaran tetapi juga beradaptasi untuk mengembangkan online dan bisnis konten. Karena itu, perseroan juga membentuk PT Indonesia Entertainment Group untuk mengembangkan perusahaan berbasis konten pada Juli 2015.

"Kami sadar media ini akan beralih, dan kami adaptasi tak hanya kuat di platform tetapi juga online juga tambahkan konten.  Perusahaan ada budget tambahan iklan selain broadcast tetapi juga kue untuk konten. Kenapa itu create perusahaan holding company (perusahaan bisnis konten)," jelas Sutanto.

Sutanto mengatakan, kontribusi dari bisnis tersebut akan signifikan dalam jangka menengah ke depan terutama jangka waktu lima tahun. Untuk mendukung kinerja perseroan, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk menganggarkan belanja modal sekitar Rp 450 miliar pada 2016.

"Kalau tahun ini belanja modal Rp 350 miliar, tahun depan harapannya kenaikan tak banyak jadi sekitar Rp 450 miliar. Dananya dari operating cash. Paling besar untuk broadcast untuk pemeliharaan alat dan investasi di pay TV yang makin berkembang," ujar Sutanto.

Hingga September 2015, perseroan mencatatkan pertumbuhan laba periode berjalan yang diatribusikan ke pemilik entitas induk naik 100,3 persen menjadi Rp 1,44 triliun dari periode sama tahun sebelumnya Rp 723 miliar.

Pendapatan bersih naik 7,3 persen menjadi Rp 4,78 triliun hingga kuartal III 2015 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 4,45 triliun. Dengan melihat kinerja itu, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk juga memutuskan membagikan dividen interim 2015. Perseroan telah membagikan dividen interim 2015 sebesar Rp 40 per saham pada 4 Desember 2015. (Ahm/Gdn)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Loading