Sukses

Mau Ikut Harbolnas? Ini Cara Aman Biar Tak Tertipu

Semakin banyak orang yang tinggal jauh dari toko membuat aktivitas belanja online marak.

Liputan6.com, New York - Semakin banyak orang yang tinggal jauh dari toko membuat aktivitas belanja online marak. Namun memang, masih banyak dari oknum yang memanfaatkan aktivitas belanja online dengan melakukan penipuan secara online.

Ada beberapa modus yang dilakukan oleh para oknum tersebut seperti membuat toko online palsu yang menawarkan diskon besar-besaran atau mencuri informasi kartu kredit dengan membuat situs tiruan.

Seperti dilansir dari, lifehack.org, Kamis, (10/12/2015), ada terdapat cara mudah untuk berbelanja online dengan nyaman namun bisa terhindar dari risiko penipuan. Dengan menjalani beberapa langkah pengamanan, Anda tak akan merasa khawatir saat berbelanja online.

Berikut adalah tips keamanan untuk belanja online yang bisa membantu Anda saat berbelanja: 

1. Hati-hati dengan WiFi

Waspada saat Anda melakukan belanja online dengan menggunakan fasilitas WiFi. Terdapat penelitian, jika Anda memasukan nomor kartu kredit atau nomor pribadi menggunakan jaringan wifi akan bisa terdeteksi. Hal itu menjadi tak aman saat berbelanja online.

2. Kenali toko online

Meskipun Anda tergoda dengan beberapa online shop yang menawarkan diskon cukup besar, namun lebih baik Anda berbelanja di toko-toko online shop yang sudah memiliki reputasi baik. Anda dapat melihat dari komentar-komentar pelanggan dari toko tersebut, apakah toko online ini aman atau tidak.

3. Bandingkan harga

Sebelum melakukan pembayaran, sebaiknya Anda melihat beberapa online shop lainnya. Mungkin Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dan mendapatkan penawaran terbaik lainnya.

4. Penipuan online

Kita semua tahu bahwa ada banyak penipu online di luar sana, dengan banyak penipuan ini kita akan menjadi lebih waspada untuk belanja online. Maka dari itu Anda harus banyak bertanya kepada penjual tersebut tentang online shop, tempat dimana ia tinggal, dan beberapa pertanyaan yang dapat membuat Anda yakin terhadap online shop itu.

5. Simpan bukti transaksi

Setiap Anda membeli sesuatu secara online, Anda harus menyimpan bukti salinan pesan, dan bukti pengiriman uang Anda. Anda harus memiliki nomor konfirmasi, dan menyimpan bukti ini sampai Anda menerima barang yang Anda beli tersebut. (Apr/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini