Sukses

Cara Jitu Taklukan Wawancara Kerja Via Telepon

ini dia cara memberikan jawaban terbaik saat ada panggilan wawancara kerja lewat telepon

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sudah lulus kuliah, mencari pekerjaan menjadi rutinitas yang tidak bisa dihindari. Mendapat panggilan telepon untuk wawancara kerja tentu sering dialami oleh para pencari kerja. Namun, apakah kamu sadar jika proses ini juga menjadi salah satu penilaian perusahaan terhadap diri kamu?

Untuk memberikan jawaban terbaik saat ada panggilan wawancara kerja lewat telepon, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan seperti dikutip dari Careerealism, Senin (12/10/2015).

1. Perhatikan intonasi saat bicara

Intonasi bicara adalah cara untuk membangun hubungan dengan penelepon. Pihak human resources (HR) perusahaan biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan umum yang terdapat dalam CV kamu. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, jangan gugup. Tetaplah berkata jujur dan arahkan respon positif kepada penelepon.

2. Perhatikan cara berbicara dan berpakaian

Tips ini khusus diberikan untuk panggilan yang tidak hanya melalui suara saja, tetapi juga melalui telepon video, seperti Skype. Beberapa perusahaan telah melakukan panggilan dengan cara seperti ini. Untuk itu, yang harus kamu lakukan adalah menggunakan pakaian yang pantas dan berbicaralah dengan sopan. Hal ini untuk meninggalkan kesan positif kepada perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jabarkan pencapaian

3. Beri tahu prestasi dan pengalaman jika ditanya tentang tanggung jawab sebelumnya

Ceritakan pengalaman atau deskripsi pekerjaan yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Tunjukkan prestasi dan keberhasilan yang pernah kamu capai. Yakinkan kepada mereka bahwa kamu siap memberikan kontribusi kepada perusahaan. Dengan melakukan tindakan ini, kamu bisa membuat penelepon merasa terkesan atas jawaban yang kamu berikan.

4. Bersiaplah untuk pertanyaan yang tidak terduga

Terkadang penelepon akan menanyakan hal-hal yang kurang masuk akal. Kamu harus siap dengan segala pertanyaan tersebut. Tetaplah tenang dan menjawab dengan logis. Jangan biarkan pertanyaan tersebut merusak kesempatan kamu dalam suatu pekerjaan.

5. Bersiaplah ditanya tentang gaji

Terkadang kita bingung jika ditanya mengenai gaji melalui telepon, apalagi jika belum sempat mencari tahu kisaran gaji perusahaan tersebut. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk menanyakan jumlah gaji yang mereka tawarkan untuk posisi yang kamu lamar. Jangan sampai kamu menyajikan jumlah gaji yang terlalu besar karena hal ini bisa membuat kamu diberhentikan dari proses perekrutan.

(Vna/ZUl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.