Sukses

Cara Ampuh Sampaikan Kritik pada Rekan Kerja

Banyak orang yang tidak melakukan hal tersebut karena takut menyakiti perasaan dari rekan kerja Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang kita suka dihadapkan dengan rekan kerja yang sering berbuat kesalahan dalam melakukan sebuah pekerjaan. Anda pun tidak memiliki pilihan selain mencoba untuk memberitahukan apa yang dilakukan oleh mereka sebenarnya salah.

Banyak orang yang tidak melakukan hal tersebut karena takut menyakiti perasaan dari rekan kerja Anda. Tapi sebagai teman baik, hal ini memang sudah sepatutnya untuk dilakukan.

Seperti yang dilansir dari MSN, Sabtu (26/9/2015) berikut beberapa langkah yang dapat Anda ambil agar mampu menyampaikan kritik membangun pada rekan kerja Anda:

1. Sampaikan di waktu yang tepat

Jangan memberikan kritik di tengah-tengah pekerjaan yang sedang dilakukan. Komentar buruk yang dilontarkan ketika Anda sedang melakukan pekerjaan justru akan berdampak negatif pada psikologis rekan Anda.

Untuk itu, carilah waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik ini. Bisa ketika sedang santai, sepulang kerja atau ketika Anda berdua sedang istirahat makan siang.

2. Introspeksi diri

Sebelum mengajukan kritik, coba tanya dahulu kepada diri Anda pribadi. Apakah kritik yang ingin saya sampaikan ini benar-benar untuk menjadikan rekan saya lebih baik atau hanya karena Anda jengah melihat tingkahnya yang menyebalkan?

3. Gunakan perumpamaan

Terkadang, banyak orang yang tidak terima apabila diberikan kritik. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menggunakan perumpamaan dalam menyampaikan pesan Anda. Anda juga bisa mengemasnya dalam sebuah cerita sehingga dapat lebih dipahami oleh rekan Anda.

4. Fokus pada tingkah laku, bukan sifatnya

Cobalah fokus terhadap apa yang sudah dia perbuat. Jangan justru mengkritisi sifat mereka. Ketika Anda sudah mencoba memberikan kritik terhadap apa yang dikerjakan, maka dengan sendirinya mereka pun akan mencoba memperbaiki sifatnya dengan lebih baik.

5. Jangan memberikan kritik, sampai benar-benar diperlukan

Ya, memang kritik tersebut perlu agar rekan kerja Anda dapat bekerja dengan lebih baik. Tapi, Anda tidak perlu untuk selalu memberikan kritik setelah pekerjaan mereka selesai.

Cobalah untuk mengkritisi mereka apabila Anda rasa perlu saja. Ingat, kritik yang disampaikan tidak pada tempatnya justru dapat memicu masalah yang lebih besar di lain hari. (Vna/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini