Sukses

Harga Daging Sapi Tembus Rp 130 Ribu per Kg

Harga daging sapi mengalami lonjakan yang signifikan dua hari menjelang lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging sapi mengalami lonjakan yang signifikan dua hari menjelang lebaran. Harga daging naik dari rata-rata dijual dengan harga Rp100 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp130 ribu per kg.

Eko (47) pedagang Pasar Kebayoran Lama mengatakan, selain karena jumlah permintaan masyarakat yang tinggi saat lebaran, kenaikan harga dipicu oleh naiknya harga daging sapi di tempat pemotongan. Tak tanggung-tanggung, kenaikan tersebut berada di kisaran Rp10 ribu per kg.

"Seminggu ini naiknya Rp10 ribu sampai Rp12 ribu. Dari tempat pemotongan Rp90 ribu per kg," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Kendati tak menyebutkan secara detil, dia mengatakan tingginya harga sapi membuat penjualan tak seramai lebaran tahun lalu.

"Ramaian tahun kemarin, karena harganya sudah mahal. Kemarin Rp120 ribu sudah mentok. Paling kisaran Rp100 ribu sampai Rp120 ribu per kg," ujarnya.

Pedagang lain, Teguh (32), juga menuturkan hal serupa. Naiknya harga daging di pemotong membuat harga daging yang dijual secara otomatis turut terangkat.

"Sekarang sirloin dan tenderloin sampai Rp150 ribu per kg," katanya.

Teguh menerangkan, harga daging sapi di pemotongan mencapai Rp87 ribu per kg. Naik dari sepekan lalu yang berkisar Rp75 ribu per kg sampai Rp78 ribu per kg.

Dia bilang, kenaikan tersebut terjadi di rata-rata tempat pemotongan hanya pada lebaran tahun ini. Padahal, kenaikan tersebut tak seharusnya terjadi.

Menurut pengamatannya, jumlah pasokan sapi saat ini justru bertambah. Jadi, kenaikan harga di pemotongan dirasa aneh.

"Pemerintah itu bagaimana pengawasannya. Padahal jumlah sapi banyak," keluhnya.

Berikut harga daging sapi berdasarkan pengamatan Liputan6.com

- Sirloin Rp 130 ribu per kg
- Tenderloin Rp 130 ribu per kg
- Daging sop Rp 100 ribu per kg
- Ati Rp 60 ribu per kg
- Usus Rp 20 ribu per kg
- Babat Rp 20 ribu per kg
- Ekor Rp 100 ribu per kg

(Amd//Ndw/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini