Sukses

Pengusaha Harap Resep Khusus Pemerintah Bisa Dongkrak Ekonomi

Ketua Kadin, Suryo Bambang Sulisto menuturkan kebijakan yang cukup menjadi hambatan pertumbuhan ekonomi seperti pajak dan bea masuk.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menggelar buka bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto mengatakan tantangan ekonomi yang harus dihadapi, dunia usaha memandang sinergitas para pelaku ekonomi tidak hanya dari sisi swasta tetapi pemerintah juga memiliki peranan penting dalam menggerakkan roda ekonomi nasional.

"Meski kondisi perekonomian mengalami penurunan, namun secara umum fundamental ekonomi Indonesia masih baik dan berpotensi lebih meningkat bila pemerintah memiliki resep khusus untuk memperbaiki ekonomi," ujar Suryo, Jumat (10/7/2015).

Dia menjelaskan, hingga saat ini masih banyak kebijakan-kebijakan pemerintah yang kurang menunjang dunia usaha dan tidak jarang terlalu sektoral sehingga tidak mempertimbangkan dampaknya kepada sektor-sektor lain. Dia mencontohkan, kebijakan yang cukup menjadi hambatan seperti pajak, bea masuk dan pajak ekspor.

"Mungkin sepintas kebijakan-kebijakan itu menguntungkan tetapi kenyataannya dampaknya tidak begitu baik. Kami berharap setiap kebijakan itu bisa benar-benar dipikirkan dan disaring terlebih dahulu. Kami meminta Bapak Presiden bisa memberikan arahan yang lebih jelas kepada menteri-menterinya untuk mengeluarkan kebijakan yang tepat dan business friendly," jelas dia.

Suryo mengatakan, ekonomi melemah yang terjadi saat ini diindikasikan dengan daya beli menurun. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, akan berimbas pada keberlangsungan usaha, karena banyak permintaan yang menurun yang berarti produksi juga akan menurun dan banyak produk yang tidak laku terjual.

Karena itu, dia berharap pemerintah juga mendorong perbankan untuk lebih banyak berperan bagi dunia usaha dalam akses pendanaan dan resktrukturisasi agar perusahaan-perusahaan nasional bisa survive dan berkembang.

"Kami harapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya ada PHK karyawan dan lain-lain. Oleh karenanya, diharapkan kebijakan pemerintah itu bisa mendukung perusahaan-perusahaan agar tingkat kepercayaan dunia usaha terhadap pemerintah juga akan positif," ujar Suryo. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini