Sukses

5 Pekerjaan Terbaik di Masa Depan

Liputan6.com, New York - Generasi baby boomer telah memasuki masa pensiun. Kepergian mereka dari pasar lapangan kerja membuka peluang bagi generasi baru.

Tidak semua pekerjaan di masa lampau terlihat menarik sekarang. Kiplinger.com, Senin (29/6/2015), merangkum pekerjaan yang memiliki peluang menjanjikan di masa depan.

Identifikasi ini mulai dari daftar 784 pekerjaan populer, lalu dipersempit menjadi 10. Fokusnya, tidak hanya banyaknya jumlah lapangan kerja yang tercipta, tapi juga proyeksi perkembangannya di masa depan.

Gaji, tentu saja menjadi faktor penting. Pekerjaan di daftar ini memiliki gaji tahunan jauh di atas rata-rata pendapatan penduduk di Amerika Serikat. Anda tidak perlu bersekolah lama untuk mendapat pekerjaan ini. Sebagian besar pekerjaan dalam daftar cukup dengan gelar sarjana strata satu atau diploma.

Berikut lima daftar teratas pekerajaan yang menjanjikan di masa depan:

1. Patologi wicara

Patologi wicara atau terapis bicara di Amerika Serikat menempati posisi pertama karena pertumbuhannya yang bakal naik dan gajinya tinggi. Proyeksinya, dari 2014 sampai 2024, permintaan patologi wicara akan tumbuh 18,9 persen di AS.

Hal ini terjadi karena semakin banyaknya pasien yang mengalami sakit berhubungan dengan penuaan, seperti kehilangan pendengaran, stroke, dan lainnya. Jumlah anak-anak dengan gangguan bahasa, seperti gagap, yang besar juga mendorong permintaan patolog wicara. Gaji tahunan pekerjaan ini mencapai US$ 70 ribu atau setara Rp 933,2 juta.

2. Manager pelayanan masyarakat

Meskipun pekerjaan ini tidak secara teknis di bidang kesehatan, namun sangat memberi manfaat untuk merawat penduduk manula. Generasi baby boomer akan semakin bersandar pada pelayanan sosial, seperti panti jompo, program pengiriman makanan atau katering. Karena itu, manager untuk bisnis ini akan sangat dibutuhkan.

Anda memerlukan setidaknya gelar sarjana strata satu bidang sosial, perkotaan, administrasi publik untuk mendapatkan pekerjaan ini. Gaji tahunan rata-ratanya di AS mencapai US$ 60 ribu atau Rp 799,9 juta.
 
3. Analis sistem komputer

Sudah jelas, digitalisasi semakin merajalela dalam hidup manusia sekarang. Tidak heran kalau profesi ini masuk dalam pekerjaan berprospek bagus di masa depan.

Seorang analis sistem komputer memastikan organisasi teknologi berjalan sesuai kebutuhan penggunanya. Anda perlu gelar sarjana teknologi informasi atau yang berhubungan dengan komputer untuk mendapatkan pekerjaan ini. Gaji tahunan rata-ratanya mencapai US$ 80 ribu atau Rp 1 miliar.

4. Pengembang aplikasi

Hampir sama dengan nomor tiga, bisnis aplikasi sangat prospektif. Mulai dari komputer, telpon selular, hingga pera latan rumah tangga membutuhkannya.

Gaji tahunan rata-ratanya menggiurkan, US$ 90 ribu atau setara Rp 1,19 miliar. Selain pendidikan formal, Anda juga harus tahu soal alat-alat dan bahasa komputer.

5. Suster atau perawat

Inilah pekerjaan yang bakal menempati posisi kelima penjaring pekerja terbesar di AS pada 2024. Dunia kesehatan nantinya akan fokus pada pencegahan dan merawat populasi menua yang banyak. Hal ini mendorong peningkatakan jumlah perawat di rumah sakit, klinik, hingga rumah pribadi.

Menjadi perawat yang terdaftar membutuhkan gelar sarjana dan izin praktek. Rata-rata gaji tahunannya mencapai US$ 66 ribu atau setara Rp 879,9 juta.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)