Sukses

Isu Kenaikan Suku Bunga The Fed Picu Bursa Asia Menguat

Bursa Asia menguat setelah sejumlah data ekonomi AS memicu prediksi The Fed tak akan terburu-buru menaikkan suku bunganya.

Liputan6.com, Singapura - Bursa saham Asia tercatat menguat pada perdagangan hari ini meski indeks saham regionalnya melemah dalam sepekan. Bursa Asia menguat menyusul saham-saham Amerika Serikat (AS) yang menguat hingga menyentuh rekor setelah sejumlah data ekonomi AS memicu prediksi kalau bank sentral AS/ The Fed tak akan terburu-buru menaikkan suku bunganya.

Melansir data Bloomberg, Jumat (22/5/2015), indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,2 persen ke level 153,09 pada perdagangan pukul 9:01 waktu Tokyo. Meski dalam sepekan, bursa Asia melemah 0,1 persen.

Sementara itu, indeks saham Standard & Poor's 500 menguat 0,2 persen pada perdagangan Kamis malam setelah klaim pengangguran AS menurun sementara data pembelian rumah secara tak terduga anjlok.

Indeks saham Jepang Topix menunjukkan sedikit perubahan. Indeks saham Australia S&P/ASX 200 menguat 0,2 persen. Bersamaan dengan itu, indeks saham Kospi Korea Selatan juga menguat 0,4 persen.

Begitu juga dengan indeks saham Selandia Baru NZX 50 yang menguat 0,2 persen. Sementara indeks Hang Seng Hong Kong juga menguat 0,2 persen.

"Kami melihat adanya data yang positif dan negatif dari Amerika Serikat. Saya harap ada pesan yang kuat dari Janet Yellen. Kenaikkan suku bunga bisa naik kapan saja bahkan ke tingkat yang lebih jauh," tutur Shane Oliver, Head of Investment Strategy di AMP Capital Investors Ltd.


Pembelian rumah AS secara tak terduga merosot pada April tanda pemulihan industri belum sepenuhnya terjadi. Sementara kabar baiknya, klaim pengangguran AS dalam sebulan ini menurun hingga ke level terendah dalam 15 tahun terakhir. Sedangkan hasil pertemuan The Fed pada April menunjukkan bank sentral terbesar di dunia itu tak akan menaikkan suku bunga pada Juni. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini