Sukses

Transaksi International Furniture Expo 2015 Capai US$ 270 Juta

Pada tahun lalu jumlah peserta pameran sebanyak 400 perusahaan, sementara untuk tahun ini 470 perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran industri mebel dan kerajinan terbesar di Indonesia, yaitu Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang berakhir pada hari ini (15/3/2015) ini memcetak rekor baru dari segi jumlah pengunjung. Keberhasilan acara tersebut menegaskan kekuatan Indonesia dan popularitas sektor industri mebel dan kerajinan Indonesia.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, IFEX 2015 lebih ramai. Ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah peserta, luas lahan pameran dan buyer yang datang ke IFEX 2015," ujar Ketua Umum Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI) Soenoto, di Jakarta, Minggu (15/3/2015).

Dia menjelaskan, pada tahun lalu jumlah peserta pameran sebanyak 400 perusahaan, sementara untuk tahun ini 470 perusahaan. Untuk lahan yang digunakan, pada tahun lalu 40 ribu meter persegi, sedang pada 2015 ini luasnya mencapai 50 ribu meter persegi.

"Untuk transaksi, tahun lalu US$ 200 juta, tahun ini mencapai US$ 270 juta. Buyer yang datang berjumlah 7.000 pembeli, pada tahun lalu 6.000 pembeli. Dengan demikian, target mendatangkan buyer tercapai," lanjutnya.



Sementara untuk 2016, pameran IFEX rencananya akan tetap diselenggarakan di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Untuk tahun depan akan ada tambahan lahan pameran sekitar 10 ribu meter persegi yang letaknya di belakang Hall B dan C.

"Artinya, untuk tahun depan pameran ini akan lebih besar lagi dari sisi lahan karena adanya pembangunan baru yang akan selesai pada Agustus tahun ini," kata dia.

Pelaksanaan IFEX 2015 didukung penuh oleh instasi Pemerintah seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kehutanan, Pemerintah Daerah, serta stakeholder nasional. Pameran ini juga diikuti oleh peserta dari mancanegara seperti Tiongkok, Taiwan, Belgia, Perancis, Amerika Serikat, Italia, Singapura, Afrika Selatan, Malaysia, Belanda dan Austria.

Di pameran ini digelar pula 70 karya desain baru yang dihasilkan dari desainer muda indonesia dan telah mendapat appresiasi yang luar biasa  dari pengunjung lokal maupun buyer mancanegara serta para produsen terkemuka di Indonesia yang telah berhasil melakukan kolaborasi. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini