Sukses

KPPU Temukan Alat Bukti Kartel Sepeda Motor Bebek dan Skutik

DKPPU Temukan Alat Bukti Kartel Sepeda Motor Bebek dan Skutik.

Liputan6.com, Jakarta- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan alat bukti terkait dugaan adanya kartel industri kendaraan bermotor di Indonesia.

Ketua KPPU Nawir Messi mengatakan dari temuan alat bukti tersebut akan menjadi dasar bagi pihaknya untuk memanggil produsen kendaraan bermotor guna memberikan klarifikasi.

"KPPU telah memulai investigasi beberapa waktu lalu dan temukan alat bukti yang cukup dan siap diklarifikasi pada para pelaku usaha," ujarnya di Jakarta, Senin (26/1/2015),

Dia menjelaskan, dugaan kartel ini terjadi pada kendaraan roda dua jenis sepeda motor bebek dan skutik, salah satunya yang diproduksi Yamaha.

"Terjadi pengaturan pasar bebek dan skutik antara beberapa pelaku, diduga terjadi pengumpulan pasar oleh beberapa pelaku," lanjut dia.

Nawir menyatakan, dugaan ini akan terus didalami untuk memastikan adanya praktik kartel ini. "KPPU telah melakukan pemanggilan sejak beberapa minggu lalu, ini akan didalami untuk klarifikasi lebih jauh," tandasnya.

Sebelumnya, KPPU menyatakan dugaan ini adanya kartel ini muncul karena produsen kendaraan roda dua di Indonesia terutama pada kedua jenis motor tersebut memasang harga yang lebih tinggi dibanding yang dijual di negara lain di kawasan ASEAN.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini