Sukses

Menteri Susi Minta Sudirman Said Beri Konverter Kit ke Nelayan

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengaku akan mendorong para nelayan untuk beralih menggunakan gas sebagai bahan bakar mesin kapal.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengaku akan mendorong para nelayan untuk beralih menggunakan gas sebagai bahan bakar mesin kapal.

‎Namun begitu, hal itu diperkirakan Susi tidak akan mudah mengingat memerlukan konverter kit seperti yang digunakan di mobil.

"Nanti itu biar Pak Menteri ESDM yang menyediakannya," kata Susi ketika ditemui di Istana Kepresidenan, Rabu (24/12/2014).

Mengenai dananya, Susi mengaku hal itu akan berasal dari dana pengadaan konverter kit di Kementerian ESDM yang akan dicantumkannya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015.

Dikatakan Susi, gas yang akan digunakan untuk bahan bakar para nelayan adalah jenis gas‎ tabung 3 kilogram (kg). Meski gas 3 kg masih merupakan gas yang disubsidi, namun hal itu akan meringankan biaya para nelayan.

"Ya tidak apa-apa, kan lebih murah, paling tidak kalau dengan gas tidak bisa dicuri oleh kapal-kapal yang memiliki ukuran lebih besar," paparnya.

Susi menambahkan, selama ini sebanyak 70 persen stok BBM untuk para nelayan lebih banyak digunakan untuk kapal-kapal dengan ukuran 300 Gross Ton (GT). (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini