Sukses

Rajin Menelepon Jadi Kiat Sukses Miliarder Richard Branson

Liputan6.com, New York - Kehebatan dan kesuksesan salah satu miliarder terkaya dunia asal Inggris, Richard Branson memang patut menjadi teladan bagi banyak pebisnis. Terkenal sebagai miliarder nyentrik, rajin menelepon dan mengangkat panggilan telepon ternyata merupakan salah satu kiat sukses Branson.

Mengutip laman Business Insider, Jumat (19/12/2014), Richard Branson merupakan satu-satunya miliarder yang berhasil membangun delapan grup perusahaan besar di delapan industri berbeda. Hebatnya, dia melakukan itu semua tanpa gelar pendidikan di bidang bisnis.

"Saya menghabiskan waktu cukup panjang untuk mempelajari apa yang harus dan jangan dilakukan dalam memulai bisnis yang bisa membuat hidup saya menjadi berbeda," tuturnya.

Dalam mengelola ratusan perusahaan, Branson tentu saja memiliki banyak jurus sukses yang bisa diceritakan pada para pebisnis lain. Berikut lima kiat sukses Richard Branson dalam memulai dan mengelola kerajaan bisnisnya:

1. Mengangkat telepon

Tidak gagap teknologi merupakan salah satu kemampuan yang baik dalam berbisnis. Tapi usahakan jangan menggunakan pesan pendek (SMS) atau email saat Anda harus menghubungi seseorang.

Branson mengatakan, kualitas komunikasi bisnis akan menjadi buruk saat banyak orang menghindari panggilan telepon dan pertemuan langsung. Lagipula, aksi tersebut tidak efisien.

Berbagai masalah juga semakin sulit untuk diselesaikan menggungakan SMS atau email. Jadi Branson menyarankan agar pebisnis selalu menelepon setiap kali ingin berkomunikasi dengan cepat.


2. Banyak mendengar daripada bicara

Diam dan dengarkan setiap kali orang lain berbicara pada Anda. Jangan memotong pembicaraan orang lain apalagi itu merupakan rekan bisnis Anda.

Branson tidak pernah pergi kemanapun tanpa notebook agar dia bisa mencatat apa yang dikatakan konsumer, karyawan maupun rekan bisnisnya. Itu dapat menjadi senjata untuk memperkuat atau menambah gagasan bisnisnya.

3. Jangan lakukan hal yang membuat Anda tidak nyaman

Menjalankan bisnis menguras darah, keringat dan airmata. Tapi pada akhirnya, Anda harus membangun sesuatu yang membanggakan.

Untuk itu, hindari berbagai hal yang tidak membuat Anda nyaman. Bahkan Branson mengaku dia tak pernah berniat membangun kerajaan bisnis. Dia mengaku hanya menikmati bisnisnya.

4. Berikan kesan pertama yang baik


Kesan pertama yang baik sangat penting bagi rekan bisnis dan konsumen. Tak hanya kesan pertama, kesan kedua lebih penting. Menurut Branson, cara Anda memperlihatkan kepribadian Anda menjadi kunci yang dapat menarik perhatian rekan bisnis dan konsumer.

5. Jangan takut membuat kesalahan

Keputusan Anda tidak selalu yang terbaik. Setiap orang membuat kesalahan, tapi jangan pernah takut menghadapinya. Jangan biarkan kesalahan menguasai Anda. Segera selesaikan masalah dan jangan ulangi kesalahan yang sama. (Sis/Nrm)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS