Sukses

Gara-gara Acara Makan Tikus, Stasiun TV Digugat Rp 30 Miliar

Jangan sampai Anda mengalami kasus serupa seperti yang dialami Austine Aitken setelah menonton acara Fear Factor di NBC. Bagaimana kasusnya?

Liputan6.com, New York - Berbagai acara menarik mulai dari yang lucu hingga ekstrim seringkali memanjakan mata penonton hingga enggan beralih dari depan televisi (TV). Ingat, jika acara yang ditayangkan membuat Anda merasa tidak nyaman sebaiknya segera pindahkan ke saluran televisi yang lain.

Jangan sampai Anda mengalami kasus serupa seperti yang dialami Austine Aitken setelah menonton acara Fear Factor di NBC. Lantaran tidak tahan dengan aksi makan daging tikus di acara berisi tantangan ekstrim itu, Aitken mengaku mengalami darah tinggi.

Tak tinggal diam, Aitken lantas menyeret NBC ke meja hijau. Gugatan tersebut dilayangkan karena NBC semena-mena menayangkan acara yang dapat membahayakan dirinya.

Tak tanggung-tanggung, Aitken menuntut NBC mengganti rugi sebesar US$ 2,5 juta atau Rp 30,38 miliar (Rp 12.152/US$).

Bagaimana kelanjutan gugatan tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Fox News, Business Insurance, dan sejumlah sumber lain, Jumat (17/10/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempoyongan usai menonton Fear Factor

 

Siapa yang tak kenal dengan acara Fear Factor, program berisi tantangan ekstrim dengan hadiah US$ 50 ribu atau Rp 606,9 juta. Lantaran acara televisi ini, Aitken terlibat kasus besar menuntut NBC.

Aitken adalah seorang penonton biasa yang tidak pernah mengalami reaksi berlebihan saat menonton acara Fear Factor. Tapi lantaran pada episode tersebut, panitia meminta para kontestan memakan daging tikus yang diblender, Aitken mulai sempoyongan.

Tekanan darahnya naik begitu cepat hingga dia menjadi linglung dan penglihatannya mulai kabur. Dia bahkan tidak bisa melihat pintu saat hendak berpindah ke ruangan lain. Gara-gara hal tersebut, Aitken menderita luka-luka di beberapa bagian tubuhnya.

3 dari 4 halaman

Gugat NBC Rp 30,38 miliar

 

Setelah mengalami kejadian tersebut, Aitken lantas menggugat NBC karena dianggap menayangkan acara yang terlalu ekstrim. Tak tanggung-tanggung, Aitken menggungat NBC senilai US$ 2,5 juta atau Rp 30,38 miliar (Rp 12.152/US$).

Dalam gugatannya, Aitken menuliskan acara memakan daging tikus telah membuat darahnya naik dan dia merasa pening. Akibatnya dia terluka karena tidak mampu menguasai diri setelah menonton acara itu.

Hakim akhirnya tidak mengizinkan kasus tersebut masuk ke ruang sidang. Gugatan itu dianggap tidak masuk akal karena Aitken bisa memindahkan saluran televisi jika merasa tidak nyaman dengan tayangannya.


4 dari 4 halaman

Maksud dari Gugatan Aitken

Austin Aitken mengaku sering menonton acara Fear Factor di televisi. Dia juga merasa tidak ada masalah dengan acara tersebut.

Pria berusia 49 tahun ini juga sering melihat tayangan kontestan Fear Factor melahap cacing dan sejumlah serangga. Dia menganggap, makan tikus hidup yang diblender sudah keterlaluan.

Dia mengatakan, gugatan tersebut ditujukan sebagai pesan kepada NBC dan stasiun televisi lain agar lebih berhati-hati dalam menyiarkan sejumlah acara pada publik. (Sis/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini