Sukses

Gara-Gara UMP, Pabrik Sepatu Adidas PHK 10 Ribu Pekerja

Rata-rata UMP Indonesia saat ini sebesar US$ 230 per bulan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Panarub Industry, perusahaan alas kaki yang memegang merek Adidas di Indonesia diketahui telah merumahkan sekira 10 ribu pekerjakurun 3 tahun.

Chairman PT Panarub Industry, Hendrik Sasmita mengungkapkan hal itu terpaksa dilakukan karena kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) saat ini sudah sangat tinggi.

"Tiga tahun ini peningkatan UMP bisa dibilang mencapai 100 persen, akibatnya selama 3 tahun kita sudah rumahkan tenaga kerja dari sebelumnya 35 ribuan sekarang menjadi 25 ribuan‎ pekerja kita," kata Hendrik di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Pabrik besar Panarub yang berada di Tangerang, Banten diakui memiliki standar gaji pekerja sudah di atas Rp 2 juta per bulan. Hal itu dinilai kurang masuk akal jika dihitung dari segi bisnis.
‎

Diakuinya, di Indonesia sendiri memang memiliki potensi pasar yang luar biasa, hanya saja sampai saat ini besaran UMP di Indonesia menjadi yang tertinggi kedua diantara beberapa tetangga.

"Di Tiongkok itu rata-rata US$ 260, kalau mereka masih masuk karena industri di sana masih efisien, dalam arti bahan baku dari dalam negeri. Kalau di Vietnam itu US $140 dan Kamboja US$ 100. Indonesia itu termahal kedua," paparnya.

Dikatakan Hendrik, rata-rata UMP Indonesia saat ini sebesar US$230 per bulannya.

Diharapkan untuk pemerintah yang baru nantinya untuk dapat lebih berpihak ke para pelaku industri, seperti halnya untuk lebih memberikan beberapa insentif dan kelonggaran perizinan. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.