Sukses

Indonesia Bakal Punya Perusahaan Reasuransi Raksasa

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku akan meluncurkan perusahaan reasuransi baru yang akan menjadi induk perusahaan seluruh reasuransi plat merah di Indonesia.

"Reasuransi bulan depan akan di launching, Indonesia Reasuransi atau Indonesia Rei namanya. Semacam holding, tekniknya pokoknya harus bersatu di situ karena semuanya BUMN punya perusahaan asuransi kecil-kecil," kata Dahlan di Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Indonesia Reasuransi akan terdiri dari perusahaan reasuransi sebelumnya yang sudah ada yaitu seperti ASEI, RUI, REI. Tidak hanya itu perusahaan reasuransi baru itu juga akan didukung oleh Taspen, Jamkrindo dan Jasa Raharja.

Meski akan diluncurkan bulan depan namun Dahlan menegaskan Indonesia Reasuransi akan mulai beroperasi pada 1 Januari 2015.

"Langkah administratif tengah dilakukan, namun mau tidak mau kami harus punya perusahaan reasuransi raksasa, karena tahun lalu saja, kami kehilangan kesempatan Rp 8 triliun," jelasnya.

Mantan Direktur Utama PLN itu menambahkan, saat ini langkah Kementerian BUMN membentuk perusahaan reasuransi baru ini sudah langsung diapresiasi oleh dunia internasional.

"Perusahaan-perusahaan reasuransi di Eropa telah mendengar rencana kami ini karena mereka juga butuh partner yang kuat untuk kerja sama di Indonesia, misalnya perusahaan reasuransi raksasa di Swiss, Inggris, sudah melakukan kontak ke kami yang mengharapkan bahwa Indonesia Reasuransi terealisasi," papar Dahlan. (Yas/Gdn)