Sukses

Ini 12 Orang RI yang Dipilih Sebagai Pebisnis Terbaik

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 12 pelaku wirausaha dan pemimpin bisnis terbaik di Indonesia menerima penghargaan berjuluk Asia Pacific Entrepreneurship Award (APEA) 2014.

APEA merupakan program regional yang diselenggarakan oleh Enterprise Asia sejak tahun 2007. Penghargaan ini dipersembahkan untuk para pelaku wirausaha di kawasan Asia dan Pasifik setiap tahun, dimana penyelenggaran APEA digelar di 12 negara setiap tahunnya.

Para penerima penghargaan APEA di Indonesia tahun ini diambil dari 80 kandidat melalui seleksi ketat, mulai dari pelaku wirausaha muda hingga para pakar industri yang berpengalaman. Hasil akhir proses penjurian mengeluarkan 12 nama yang menerima piala yang diberikan oleh Ketua Enterprise Asia, Tan Sri Dr Fong Chan Onn.

Kedua belas pemenang ini melalui proses penjurian ketat. Para kandidat melewati proses penilaian oleh tim analis, pemeriksaan tim audit dan diwawancarai oleh badan akuntan terpercaya, Asosiasi RSM AAJ.

Penyelenggaraan APEA di Indonesia memasuki tahun keenam, dan melalui penghargaan ini, Enterprise Asia berharapa dapat mendukung dan menstimulasi pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Dalam keterangannya, Sabtu (16/8/2014), Fong menjelaskan APEA bertujuan untuk mempromosikan kewirausahaan dengan penerimaan penghargaan ini.

Ini dikatakan bukan sekedar kemenangan untuk para pelaku wirausaha yang layak, melainkan juga menjadi motivasi dan dukungan ke mereka untuk melanjutkan apa yang telah mereka lakukan dan mengembangkan bisnis mereka.

"Dengan demikian mereka tidak hanya membesarkan bisnis mereka, melainkan juga membuka lapangan kerja untuk masyarakat sekitar, dan ini menjadi elemen yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara” kata dia.

Penyerahan piala diberikan oleh Dato’ William Ng sebagai penasehat Enterprise Asia dan perwakilan dari Kementrian Koperasi & UKM Indonesia. B

intang dalam perayaan ini adalah Shinta Widjaja Kamdani, CEO Sintesa Group sekaligus salah satu konglomerasi Indonesia yang bergerak di industri properti, pabrik, energi, dan produk konsumer. Shinta dianugerahi penghargaan Women Entrepreneur of the Year Award.

Berikut daftar penerima APEA 2014 di Indonesia:

Women Entrepreneur of the Year


Sintesa Group   
Shinta Widjaja Kamdani   
Chief Executive Officer   

Outstanding Category

PT Elabram Systems   
Sunny Yaw   
Deputy Group Managing Director

PT Bukit Asam (Persero) Tbk    
Milawarma   
Chief Executive Officer

PT Electronic City Indonesia Tbk   
Ingrid Pribadi   
President Director

PT Kereta Api Indonesia (Persero)   
Ignasius Jonan   
President Director

PT Computrade Technology International (CTI)   
Harry Surjanto   
President Director

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk    
Emirsyah Satar   
CEO

Most Promising Category

PT Diansyah Dinamika Warna

Rizky Diansyah   
CEO – President Director   
MP

PT Aimfood Manufacturing Indonesia   
Harun Kurniawan   
Chief Executive Officer

PT Hanson International Tbk   
R Agus Santosa   
Director   

PT Michelindo Food International   
Michelle E. Surjaputra   
President Director / CEO   

PT IBS Insurance Broking Service   
Swandi Kendy   
President Director. (Nrm)