Sukses

Jangan Pikirkan Soal Uang Saat Bekerja!

Mencurahkan seluruh tenaga dan keringat hanya untuk uang tak akan membuat diri Anda berkembang dalam berkarir.

Liputan6.com, New York - Bekerja seringkali diumpamakan sebagai upaya memburu banyak uang. Bahkan sebagian besar pegawai di kantor memikirkan uang saat menuntaskan seluruh pekerjaannya.

Seperti dikutip dari Lifehack.org, Sabtu (17/5/2014), mencurahkan seluruh tenaga dan keringat hanya untuk uang tak akan membuat diri Anda berkembang dalam berkarir. Lebih dari itu, beberapa studi juga menunjukkan, uang tidak dapat membeli kebahagiaan.

Meski dianggap penting, banyak penelitian yang mencegah pegawai menjadikan uang sebagai prioritas utama dalam bekerja. Berikut lima alasan mengapa Anda sebaiknya tidak memikirkan uang saat bekerja:

1. Banyak uang tak menjamin Anda bahagia

Sebagian besar orang berpikir, penghasilan yang lebih tinggi akan membuatnya lebih bahagia. Faktanya, sejumlah penelitian membuktikan, uang tak bisa membeli dan menjamin kebahagiaan seseorang.

Seiring dengan bertambahnya penghasilan, maka keinginan dan kebutuhan seseorang juga akan kian meningkat. Penelitian terbaru membuktikan uang hanya dapat memberikan kebahagiaan tergantung pada apa yang dibelinya.

2. Selalu berpikir tentang uang akan buruk bagi Anda

Uang mendorong banyak orang untuk fokus pada satu tujuan tertentu tanpa memperdulikan orang lain termasuk rekan kerja dan atasannya. Asisten profesor pemasaran di Carlson School of Management, Kathleen Vohs mengatakan, pekerja yang selalu memikirkan uang cenderung enggan membantu orang lain.

3. Jumlah penghasilan bukan prioritas

Setiap manusia tumbuh dengan keinginan untuk selalu diperlakukan adil. Sebenarnya, bukan jumlah penghasilan atau uang yang menjadi prioritas para pekerja, melainkan keadilan pemberian gaji di kantor. Jika Anda merasa menerima pendapatan yang tidak adil, itu yang akan membuat Anda merasa tidak bahagia.

4. Banyak uang bukan berarti keinginan terpenuhi

Saat banyak berharap memperoleh lebih banyak uang dari yang dimilikinya sekarang, Anda akan cenderung merasa tidak bahagia. Yang terpenting adalah bagaiman Anda mengoptimalkan setiap penghasilan yang diperoleh.

5. Bahkan pendapatan Anda bisa menimbulkan kecewa

Mengacu teori motivasi, terdapat beberapa faktor dalam kehidupan berkarir di mana jika Anda tidak mendapatkannya Anda akan merasa kecewa. Tapi ketiadaannya juga tidak bisa membuat Anda bahagia.

Uang atau gaji Anda merupakan salah satu dari faktor tersebut. Anda bisa menghapus semua ketidakpuasan saat mendapatkannya tapi memperoleh uang tak menjamin Anda merasa puas. (Sis/Ndw)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.