Sukses

Tiket Kereta Mudik Tambahan Ludes Hanya Dalam 6 Menit

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengaku tiket kereta mudik tambahan dibuka pada hari ini pukul 00.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengaku tiket kereta mudik tambahan sudah ludes hanya dalam waktu 6 menit sejak dibuka hari ini pukul 00.00 WIB. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini membuka pemesanan tiket tambahan melalui jalur online.

"Memang sudah habis sejak dibuka tadi malam, tapi hanya untuk H-2 dan H-3 jelang lebaran baik kelas eksekutif maupun ekonomi," tegas Humas KAI, Sugeng Priyono kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (15/5/2014).

Pemudik, lanjutnya, memesan tiket tambahan via online dari Jakarta ke berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Sugeng menyebut, KAI menyediakan kursi tambahan ini setiap hari sebanyak 2.572 kursi. Terdiri dari kereta api kelas ekonomi sebanyak 1.672 kursi dan kelas eksekutif 900 kursi.

Sugeng pun membantah bahwa seluruh tiket mudik lebaran ludes. Contohnya saja, tiket kereta mudik untuk H-7 dan H-8 masih tersedia. Begitupula dengan ke jurusan lain, misalnya dari Jateng atau Jatim ke Jawa Barat .

"Kalau tiket H-2 dan H-3 habis, ya dimajukan lah mudiknya jadi H-7 atau H-8 karena tiketnya masih banyak. Karena trennya jika tiket H-2 habis, maka orang akan membeli H-4 atau H-1 lebaran. Jadi nggak benar kalau habis seluruhnya," jelasnya.

Sampai saat ini, Sugeng mengaku, terus membuka pemesanan tiket mudik lebaran selama 24 jam via online. Namun pihaknya juga mengimbau kepada calon penumpang yang tak mengantongi tiket, agar mencari moda transportasi lain untuk mudik ke kampung halaman.

"Makanya KAI buka pemesanan jauh-jauh hari supaya pembelian tidak dalam waktu yang sama karena bisa menimbulkan kegaduhan. Dan kalau yang nggak dapat tiket, cari alternatif lain, apakah pakai bus, truk dan lainnya," tandas dia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.