Sukses

4 Trik Irit Duit Buat Para Pengangguran

Banyak pengangguran yang sama sekali tidak memiliki pendapatan lain dan hanya mengandalkan tabungannya

Liputan6.com, New York - Setiap tahunnya banyak lowongan pekerjaan tercipta. Akan tetapi, kualifikasinya yang tinggi membuat banyak pelamer kerja kesulitan memenuhinya. Akibatnya, jumlah pengangguran tetap menjamur di berbagai tempat di sejumlah negara.

Tanpa pekerjaan tetap, sudah kepalang tentu Anda akan hidup dengan uang secukupnya. Bahkan banyak pengangguran yang sama sekali tidak memiliki pendapatan lain dan hanya mengandalkan tabungannya.

Untuk itu, selama hidup tanpa pekerjaan dan mencoba mencari karir baru di tempat lain, Anda perlu mengendalikan pengeluaran pribadi agar tidak kehabisan uang. Ingat, tabungan Anda harus bisa membantu Anda hingga menerima pekerjaan yang baru.

Berikut empat trik mudah menghemat uang bagi para pengangguran seperti dikutip dari Career Realism, Rabu (30/4/2014):


1. Pangkas pengeluaran yang tidak diperlukan

Lupakan keinginan untuk membeli sepatu, laptop, atau TV baru yang Anda idamkan saat menjadi pengangguran. Hidup tanpa pekerjaan bukanlah waktu yang tepat bagi Anda untuk menghabiskan banyak uang.

Jika Anda masih bisa bernafas, makan dan hidup dengan normal tanpa benda-benda tersebut, artinya semua barang itu tidak dibutuhkan. Tak membutuhkannya berarti Anda tak perlu membelinya.

2. Gunakan uang tunai, hindari kartu kredit

Jangan pernah menghabiskan uang yang bukan milik Anda. Lupakan soal kartu kredit dan keinginan untuk meminjam uang.

Cobalah untuk menggunakan uang tunai dan menghabiskan dana milik pribadi. Uang tunai yang terbatas membantu Anda untuk tidak boros atau mengeluarkan dana lebih besar daripada kebutuhan.

3. Beli sepeda

Harga bahan bakar kini menjadi semakin mahal. Bepergian ke berbagai tempat menggunakan kendaraan pribadi tentu akan menguras banyak uang.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan biaya lebih murah atau bahkan membeli sepeda. Dengan menggunakan kendaraan roda dua tersebut, Anda sudah pasti tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli bahan bakar. Tak hanya hemat, Anda juga bisa belajar untuk hidup sehat.

4. Kurangi pemakaian listrik dan air

Setiap orang di dunia memerlukan listrik dan air. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menghemat penggunaannya. Dengan mengurangi penggunaan listrik dan air, tagihan yang harus dibayar juga ikut berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini