Sukses

Pengusaha: Pertumbuhan Ekonomi RI Ideal 6%

Pengusaha mengharapkan, Indonesia memiliki pemimpin yang berupaya dorong pertumbuhan industri dan meningkatkan ekspor produk dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha berharap pemerintahan mendatang mampu terus menjaga iklim usaha yang kondusif. Hal ini dinilai penting agar banyak investor yang mau menanamkan modalnya di Indonesia sehingga pada akhirnya mampu menciptakan lapangan kerja.

"Siapa pun yang akan terpilih, harus tetap pro terhadap bisnis dan memikirkan iklim usaha yang kondusif. Karena kita tetap perlu menciptakan lapangan kerja sebanyak mungkin, itu hanya bisa terjadi kalau itu tidak terganggu," ujar Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Selain itu, menurut Suryo ke depannya, Indonesia perlu memiliki pemimpin yang berorientasi pada peningkatan ekspor produk-produk dalam negeri serta mampu mengeluarkan kebijakan yang bisa merangsang pertumbuhan industri didalam negeri.

"Kita perlu meningkatkan ekspor, potensi-potensi yang dimiliki perlu ditingkatkan. Perlu ada rangsangan pada sektor-sektor yang punya potensi ekspor, pemerintah perlu memikirkan menggairahkan ini, mungkin perlu insetif, stimulus khusus, apakah sifatnya moneter atau fiskal, bagi dunia usaha," lanjutnya.

Sedangkan dari sisi pertumbuhan ekonomi, Suryo juga beranggapan pertumbuhan sebesar 6%-7% merupakan pertumbuhan yang ideal bagi kalangan pengusaha sehingga mampu mengembangkan bisnisnya di dalam negeri.

"Pertumbuhan ekonomi yang ideal itu 6%-7% supaya Indonesia bisa lebih banyak ciptakan lapangan kerja, karena tuntutan pencari yang kerja baru ini akan semakin banyak," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini