Sukses

[FOTO] Menengok PLTA Bengkok, Pembangkit Tertua RI Warisan Belanda

PLTA Bengkok merupakan pembangkit tertua kedua di Indonesia. Pembangkit yang berada di Bandung Jawa Barat ini berumur 91 tahun.

Liputan6.com, Jakarta PLTA Bengkok merupakan sebuah pembangkit bersejarah peninggalan zaman Belanda yang dibangun pada 1918. Pembangkit yang berada di Dago, Bandung, Jawa Barat itu adalah pembangkit tertua kedua di Indonesia.

Dengan memanfaatkan aliran sungai Cikapundung, PLTA Bengkok sudah 91 tahun mengalirkan listrik untuk warga Bandung dan sekitarnya. Pembangkit ini pun kini ditetapkan sebagai cagar warisan budaya oleh Pemda Jawa Barat.

PLTA Bengkok memiliki tiga turbin di mana masing-masing turbin berdaya terpasang 1,05 megawatt (MW). Saat ini pembangkit ini dikelola oleh anak usaha PT PLN (Persero) yaitu PT Indonesia Power.

Berikut penampakan PLTA Bengkok di Bandung, Jawa Barat:

1. PLTA ini dibangun sejak 1918 dan resmi beroperasi pada 1923. Dulu dikenal sebagai Centrale Bengkok

 


2. PLTA ini beroperasi 24 jam dan dikelola 20 pekerja yang sudah tahunan mengabdi.

 

 


3. PLTA Bengkok memiliki 3 turbin yang merupakan peninggalan Hindia Belanda dan masih bisa tetap beroperasi karena terus dirawat untuk menjaga kelestariannya

 

 


4. Indonesia Power masih tetap menjaga bentuk PLTA seperti awal seperti yang terlihat dari lorong beirisi jaringan bertegangan tinggi.

 

 

 

 (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini