Sukses

Bisnis Media Sukses Bila Memenuhi Keinginan Publik

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan dunia pertelevisian dan media menunjukan tren positif dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Hal ini ditandai dengan banyak bermunculannya stasiun tv dan juga perusahaan media lain sehingga memberikan banyak pilihan bagi penonton.

Namun, dengan hal tersebut baik secara langsung dan maupun tidak langsung menimbulkan persaingan bagi stasiun tv dan juga industri media lain untuk berlomba menampilkan tayangan yang bermutu dan banyak diminati oleh penonton di Indonesia.

CEO PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan PT Surya Citra Media Tbk, Sutanto Hartono menjelaskan, bagaimana perusahaan media yang dipimpinnya mampu memenuhi kebutuhan dan pola konsumsi tayangan televisi yang terus berubah dari waktu ke waktu. Dia mengatakan, dengan perkembangan media saat ini, konten suatu media lebih penting dari pada platform yang digunakan.


"Bahkan proliferasi platform menghadirkan kesempatan yang luar biasa bagi pekerja kreatif yaitu memberikan produser konten lebih banyak format untuk menerapkan narasi yang mereka buat," ujarnya dalam Forum Media and Digital Content Forum di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Menurut Sutanto, ada lebih banyak metode untuk melibatkan penonton dan juga lebih banyak cara untuk mengajak penonton untuk mengikuti perjalanan narasi yang ditampilkan.

"Yang tidak berubah adalah kebutuhan untuk sepenuhnya memahami apa yang diinginkan oleh konsumen, serta memastikan bahwa perusahaan selalu ada kapan pun dan di manapun mereka butuhkan," jelasnya.

Sekadar informasi, forum diskusi Media and Digital Content Forum dengan tema 'multi-platform, multi-markets and multi-opportunities' ini membahas dampak digitalisasi dan mobilitas pada konsumsi media, sekaligus berbagai kesempatan yang muncul dari tren tersebut.

 

Rencana Rambah Situs Jual Beli Online

PT Elang Mahkota Teknologi juga berencana untuk terus mengembangkan bisnis portal online. Setelah memiliki Liputan6.com, perusahaan media ini juga akan merambah situs jual beli online.

"Kami juga akan masuk ke online platform yang lain, jadi untuk portal nanti tidak hanya punya Liputan6.com, kami ingin punya portal yang mungkin akan lebih bertitik pada suatu hal tertentu," ujar Sutanto.


Dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah merancang situs yang akan mempertemukan antara penjual dan calon pembeli secara online tersebut.

"Akan buat bentuk portal yang kami sebut seperti market place jadi ada jualan rumah, jualan mobil, jual hp (ponsel), job (lowongan pekerjaan), jadi sifatnya hanya lebih untuk mempertemukan saja, urusan transaksi itu penjual dan pembeli sendiri," lanjutnya.

Sutanto menjelaskan, alasannya ingin juga membuat situs jual beli online ini karena melihat  potensi situs online semacam ini akan tumbuh besar ke depannya. 


Selain itu, situs tersebut juga banyak diminati oleh masyarakat. "Itu karena kan kaitannya menyangkut masalah awereness. One day, market place seperti ini besar," kata dia.

Sutanto mengharapkan, rencana ini akan segera terealisasi secepatnya. "Target akan kami mulai 1-2 tahun ini lah, karena tahun ini kami masih bicarakan konten portal online, tapi prioritasnya lebih ke 2-3 tahun ke depan," tandasnya.

(Dny/Ahm)