Sukses

5 Negara Ini Rebut Medali Emas Pertama di Asian Para Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Bukan Indonesia saja yang mencatat prestasi terbaik di Asian Para Games 2018. Beberapa negara lain juga menorehkan kesuksesan.

Terdapat lima negara yang pertama kali meraih emas pertama di Asian Para Games.

Mereka adalah Oman, Kuwait, Filipina, Timor Leste, dan Laos. Di antara mereka, Filipina membukukan capaian terbaik. Tidak tanggung-tanggung, Filipina langsung merebut 10 emas.

Padahal sebelumnya mereka hanya meraih lima perak dan lima perunggu di Incheon 2014, serta empat perak dan tiga perunggu di Guangzhou 2010.

Torehan emas pada kompetisi di Jakarta, 6-13 Oktober ini, juga berarti medali pertama bagi Oman dan Laos pada Asian Para Games. Kedua negara sebelumnya gagal menempatkan atletnya di podium pada dua ajang sebelumnya.

"Di arena, pertandingan telah mendatangkan kesuksesan. Sejumlah negara seperti Laos dan Timor Leste telah mendapatkan medali pertama dalam sejarah keikutsertaan mereka, di sini, di Indonesia," kata Presiden Komite Paralimpiade Asia (APC) Majid Rashed.

2 dari 2 halaman

Korea Bersatu

Nama lain yang merebut medali perdana di Asian Para Games adalah Korea Bersatu. Tim gabungan dari Korea Utara dan Korea Selatan ini meraih perak dan perunggu.

Tim putra yang berisi Kim Yong Rok dan Park Hong Kyu memetik perak dari tenis meja. Sedangkan tim putra beranggotakan Kim Sae Hun, Kwon Hyun, Kwon Yonghwa, dan Lee Donggu memenangkan perunggu nomor 4x100 meter estafet 34 poin cabor para renang.

 

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

Loading