Sukses

VIDEO: Laga Anthony Ginting vs Shi Yuqi Jadi Bukti Nilai Kontingen Kebaikan Dimiliki Siapa Saja

Liputan6.com, Jakarta Gelaran Asian Games 2018 memang telah berakhir. Meski begitu, Aqua sebagai official sponsor Asian Games berharap nilai-nilai kampanye Kontingan Kebaikan tetap hadir di tengah-tengah masyarakat.

#KontingenKebaikan merupakan gerakan untuk ikut menebar dan menularkan kebaikan kepada siapa saja yang terlibat di perhelatan ini, mulai dari atlet, pelatih, para petugas, hingga pengunjung yang hadir. Diharapkan mereka melakukan tindakan kebaikan yang menjadi warisan nilai-nilai budaya Indonesia seperti ramah tamah, gotong royong dan tolong menolong

Salah satu momen Kontingen Kebaikan yang berkesan adalah saat laga final bulu tangkis beregu putra yang mempertemukan pemain tunggal Indonesia, Anthony Ginting  dengan pebulu tangkis asal Tiongkok, Shi Yuqi.

Anthony Sinisuka Ginting harus menelan kekalahan atas pebulu tangkis Tiongkok, Shi Yuqi pada final nomor beregu putra. Namun, perjuangan yang diberikan Anthony hingga titik akhir kemampuan fisiknya, menuai apresiasi dari para penonton dan netizen, bahkan  Presiden Indonesia, Joko Widodo yang ikut menyaksikan laga tersebut.

Bertanding pada 22 Agustus itu, Anthony Ginting tampil luar biasa. Memenangi set pertama 21-14, Anthony Ginting kalah di set kedua lewat drama deuce 21-23.

Pada set ketiga, Anthony Ginting mengalami cedera saat kedudukan sama kuat 16-18 untuk keunggulan Anthony. Anthony sempat berlutut di lapangan, wajahnya menyiratkan kesakitan. Diketahui, kaki Anthony mengalami kram otot yang parah. Keinginan untuk istirahat sejenak tidak mendapatkan restu dari wasit. Laga tetap dilanjutkan dalam kondisi kaki Anthony kesakitan.  

Ketika poin 20-21 untuk Shi Yuqi, Anthony kembali cedera dan mengajukan waktu istirahat namun lagi-lagi tak dipenuhi wasit. Akhirnya, Anthony memutuskan mundur karena tak sanggup untuk melanjutkan pertandingan. Shi Yuqi yang menjadi lawan Anthony memberikan semangat dengan mendatangi Anthony.

Publik di Istora Senayan pun memberikan tepuk tangan yang meriah kepada Anthony dan Shi Yuqi, termasuk Presiden Jokowi yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut.

Meski kalah, pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat, ini nyatanya tetap menyita perhatian warganet. Di Twitter, dukungan kepada Anthony terus mengalir. Pantauan pihak Twitter saat itu, ada lebih dari 300 ribu cuitan yang dikirim warganet untuk mendukung perjuangan Anthony melawan Shi. Dalam data peta persebaran cuitan yang dirilis Twitter, cuitan kepada Anthony juga tidak hanya dikirim dari Indonesia, tetapi juga dari benua lain, seperti Afrika, Eropa, hingga Amerika Serikat (AS).

Atas perjuangannya, Anthony Ginting pun akhirnya meraih perak Asian Games 2018. Sementara Shi Yuqi sukses meraih medali emas setelah tim China

 

 

(Adv)