Sukses

Peraih Medali Tertua dan Termuda di Asian Games 2018 Berasal dari Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games memasuki hari-hari terakhir. Indonesia mendapat hasil yang bagus di perhelatan Asian Games kali ini.

Kontingen Indonesia berada di posisi keempat dalam klasemen Asian Games 2018 dengan raihan 30 medali emas, 23 perak, dan 37 perunggu. Ini sudah melampaui target dari pemerintah, yakni 10 besar dengan raihan 16 emas.

Tak hanya itu, Indonesia juga mencatatkan atlet termuda dan tertua yang berhasil meraih medali di Asian Games 2018. Atlet tertua peraih medali Asian Games 2018 adalah Bambang Hartono.

Bambang Hartono merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Pada ajang Asian Games 2018, dia meraih medali perunggu dari cabang olahraga bridge setelah menempati peringkat keempat di nomor supermiexed team di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 26 Agustus lalu.

Saat meraih medali perunggu Asian Games, usia Bambang Hartono sudah 78 tahun. Bagi Bambang Hartono, bridge bukanlah permainan baru, dia sudah bermain kartu sejak usia 6 tahun.

"Saya bermain bridge agar tidak cepat pikun, hobi saya yang lain adalah senam taichi yang banyak membantu agar tetap fokus," katanya, dikutip dari situs resmi Asian Games.

"Di olahraga bridge, ada bidding, yakni mengumpulkan data untuk dianalisis, disimpulkan, dan kemudian diputuskan strategi yang akan diambil saat bertanding," ucap Bambang Hartono.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 2 halaman

Atlet Termuda

Sementara itu, atlet termuda peraih medali Asian Games 2018 adalah Bunga Nyimas. Dia atlet skateboard Indonesia yang meraih medali perunggu saat usianya 12 tahun.

Bunga sudah mulai bermain skateboard sejak kelas 2 SD. Saat itu, usia Bunga masih 8 tahun. Awalnya, Bunga suka sekali melihat video permainan skateboard di Android.

Dari sekadar melihat videonya, Bunga kemudian memberanikan diri untuk turun dan berlatih langsung.

Beranjak dari ajang Asian Games 2018, Bunga Nyimas menyatakan target berikutnya adalah Olimpiade dan Pekan Olahraga Nasional pada 2020.

"Target berikutnya adalah Olimpiade dan PON 2020. Masih ada banyak waktu untuk terus beratih meningkatkan prestasi," ujarnya menambahkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Lalu Muhammad Zohri dkk Disiapkan untuk 2 Olimpiade
Artikel Selanjutnya
Jadwal Tinju Asian Games 2018: Kans Indonesia Tambah Medali