Sukses

Cerita Atlet Termuda Indonesia Bidik Medali Asian Games 2018

Aliqqa ingin berprestasi di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Palembang - Aliqqa Novvery menjadi atlet termuda Indonesia di Asian Games 2018. Atlet berusia sembilan tahun ini bakal turun di cabang olahraga skateboard di nomor women street.

Perkenalan Aliqqa dengan olahraga skateboard terbilang cukup singkat. Ia mengaku belajar skateboard sejak umur tujuh tahun. Sepupunya lah yang berjasa mengenalkannya pada olahraga tersebut.

"Awalnya sepupu aku datang ke rumah. Dia bawa skatenya. Aku pertama ingin minta diajarin. Terus lama-lama kebiasaan. Lama-lama dilatih sama pelatih. Jadi kayak keterusan aja sih," kata Aliqqa saat ditemui di venue skateboard, Palembang.

Meski masih anak-anak, Aliqqa tak ragu untuk mengikuti lomba skateboard berskala nasional. Ia pun pernah mengecap prestasi sebagai juara pada Last May Day Skateboard Competition di Greenskate Park Taman Mini, Mei 2017.

Bakat Aliqqa dalam skateboard pun membuatnya dipanggil masuk tim nasional skateboard untuk Asian Games 2018. Ia berada langsung di bawah arahan pemain skateboard legendaris Indonesia, Tony Sruntul.

"Deg-degan banget. Termasuk karena lawannya berat-berat. Lebih pada tahu strategi. Yang pasti bakal susah," kata Aliqqa menjelaskan persaingan di Asian Games 2018.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Berat

Serangkaian persiapan dijalani Aliqqa bersama tim demi tampil maksimal di Asian Games 2018. Itu pun memaksa Aliqqa untuk sementara meninggalkan bangku sekolah.

"Persiapannya sudah dua bulan lebih, main pagi dan sore. Terus juga dijaga istirahatnya, makanannya," kata Aliqqa.

"Kalau untuk sekolah sementara aku izin dulu, biar aku enggak terlalu pusing," ujar Aliqqa yang masih duduk di kelas 4 SD.

3 dari 3 halaman

Ingin Masuk Final

Di Asian Games 2018, Aliqqa harus bersaing dengan para skaters dari negara lain. Bukan hanya itu, ia pun harus menghadapi lawan-lawan yang usianya lebih tua.

Meskipun demikian, Aliqqa tidak ragu untuk menargetkan masuk ke final.

"Saingannya ada yang 13 tahun, 11 tahun ada yang 20 tahun. Yang paling berat ada Jepang, Filipina, dan Tiongkok. Targetnya ingin masuk final. Tapi kalau bisa dapat medali, Alhamdulillah," kata Aliqqa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.