Sukses

Medali Pertama Asian Games Bikin Tim Senam Indonesia Bangga

Ini pertama kalinya cabor senam Indonesia meraih medali di ajang Asian Games.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas senam Indonesia meraih dua medali di laga final individual senam artistik Asian Games 2018 yang berlangsung di JIExpo Hall D, Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/8/2018). Hasil itu sudah memuaskan tim senam Indonesia.

Manajer tim nasional senam Indonesia, Dian Arifin, bersyukur atas torehan dua medali tersebut. Menurut Dian, target senam di Asian Games 2018 tercapai.

 

"Alhamdullilah target yang kami rencanakan dapat tercapai walaupun saya memang tidak mau menjanjikan, karena kami mau lihat strategi di lapangan," kata Dian, seperti dilansir Antara.

Dua pesenam Indonesia yang meraih medali di Asian Games yakni pesenam putra Agus Prayoko dan pesenam putri Rifda Irfanaluthfi. Agus meraih perunggu di kategori meja lompat (vault) dengan mencetak skor 14,125.

Sementara Raifda menyabet perak melalui kategori lantai (floor exercise) dengan meraih skor 12,750. Torehan itu cukup membanggakan tim senam Indonesia.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Kesulitan

Pelatih senam putri Indonesia, Eva Novalina T Butar-Butar, mengungkapkan bahwa keberhasilan Rifda meraih medali karena tingkat kesulitan dalam gerakannya dinaikkan.

Selain itu, dia berpendapat, gerakan dari para pesaing Rifda dalam pertandingan final tersebut juga tidak sempurna. Eva mencontohkan pesenam di peringkat pertama sampai ketiga saat babak kualifikasi poinnya jatuh saat final.

"Kami naikkan "difficulty" kami, banyak dari gerakan mereka yang tidak masuk jadi akhirnya yang kemarin peringkat 1, 2, 3 (saat kualifikasi) turun semua," ungkap Eva.

 

3 dari 3 halaman

Medali Pertama

Untuk diketahui pada kualifikasi, Rifda menempati peringkat kelima dari delapan pesenam yang lolos ke final pada Jumat (24/8) ini. Sebelumnya, sepanjang keikutsertaan pada ajang Asian Games, Indonesia belum sekalipun meraih medali pada cabang senam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.